Jumat, 30 Mei 2014

Soal Kecanduan Internet, Indonesia Juara

Jakarta - Seorang analisa tren perkembangan internet mengeluarkan hasil riset terbaru. Ia memetakan, negara mana saja yang lebih sering menatap layar untuk mengakses internet atau menonton video.

Mary Meeker, mantan analis legendaris dari lembaga Morgan Stanley, memaparkan hasil temuannya pada paper bertajuk State of the Internet. Di situ diperlihatkan kebiasaan pengguna mengakses internet.

Pengguna internet di seluruh dunia kini lebih besar 10% dibanding tahun sebelumnya, dan pertumbuhan itu didorong oleh penetrasi pengguna smartphone yang meningkat setiap tahun.

Naiknya jumlah pengguna otomatis juga mengerek jumlah lalu lintas data yang dikonsumsi. Tercatat, jumlahnya meningkat 81% dibandingkan tahun sebelumnya. Kuat dugaan hal ini akibat dari makin disukainya jejaring sosial berbasis video.

Selain itu persentasi State of the Internet yang dipamerkan pada ajang Code conference, di California, Amerika Serikat itu juga menyinggung soal kecanduan internet. Dimana Indonesia masuk dalam daftar tersebut.

Seperti dikutip detiKINET dari Quartz, Jumat (30/5/2014), Meeker menilai pengguna Indonesia adalah netter yang paling intens mengakses internet. Hal ini bisa dilihat dari berapa lama mereka menatap layar komputer, ponsel, atau tablet.

Jika dilihat dari rata-rata jumlah waktu yang dihabiskan menatap layar, Indonesia berada di posisi puncak dengan 540 menit setiap hari, atau sama dengan 9 jam sehari. Sedangkan posisi kedua diisi oleh Filipina.

Amerika Serikat, sebagai negara pusat teknologi dunia malah berada di posisi keenam dengan rata-rata 444 menit, atau setara dengan 7,4 jam. Berikut adalah grafis lengkapnya.



Sumber : Detik