Selasa, 13 Mei 2014

Ini Akar Masalah Pemadaman Listrik Bergilir di Jakarta-Tangerang

http://images.detik.com/content/2014/05/13/1034/171142_padam3201.jpg
Jakarta -Pemadaman listrik yang terjadi di sebagian wilayah Jakarta dan Tangerang berawal dari matinya PLTU Pacitan 2 x 300 MW di Jawa Timur. Kejadian ini menyebabkan turunnya daya listrik hingga 600 megawatt (ME) di pembangkit Muara Karang dan Interbus Transformer (IBT) Kembangan 2 dan Penghantar Petukangan-Gandul sejak Senin Pukul 15.30 WIB.

"Yang jadi masalah kemarin, karena ada gangguan di pembangkit Pacitan, yang menyebabkan masalah aliran listrik ke sub sistem Muara Karang (Jakarta). Sedang kami selidiki sebabnya kok bisa dampaknya ke sistem Muara Karang," kata Direktur Operasi Jawa Bali Sumatera PLN Ngurah Adnyana dihubungi wartawan, Selasa (13/5/2014).

Adnyana mengatakan, pada PLTU Pacitan 2 x 300 MW tersebut mengalami gangguan pada waterpump dan membuat pembangkit mati dan tidak bisa mengalirkan listrik. "Itu juga masih diselidiki penyebabnya apa," ucapnya.

Adnyana menegaskan, saat ini listrik dari PLTGU Muara Karang sudah menghasilkan listrik, sehingga secara berangsur-angsur pasokan listrik mulai normal.

"Sudah tidak separah semalam pemadamannya. Diperkirakan besok pagi sudah kembali normal, Insya Allah, walaupun masih ada sedikit gangguan-gangguan kecil," tutupnya.