Jumat, 16 Mei 2014

Ini Penyebab IHSG Tembus 5.000 Menurut Chatib Basri

Jakarta -Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melaju 19 poin sehingga menembus kembali level 5.000 pada penutupan perdagangan siang tadi. Salah satu faktor penyebabnya adalah sentimen positif pasar terhadap calon presiden dalam pemilihan umum Juli nanti.

"Dua pasang yang ada berarti proses politik lebih cepat, sehingga kepastian lebih cepat dari pada kalau prosesnya 2 putaran," kata Menteri Keuangan Chatib Basri saat ditemui di kantornya, Jakarta, Jumat (16/5/2014)

Menurutnya dengan proses yang lebih cepat, pasar sudah mengetahui presiden baru sesaat usai pemilihan melalui hitungan cepat. Sehingga pasar sudah dapat memperhitungkan apa yang terjadi ke depannya.

"Harusnya kan kalau itu terjadi, Juli sudah ada presiden kan, jadi ketidakpastiannya akan lebih rendah," sebutnya.

Akan tetapi, dalam pasar keuangan tetap yang digunakan adalah ideologi profit. Saat sudah mencapai puncaknya, maka pelaku saham akan mengambil keuntungan.

"Ingat, market itu ideologinya profit yah," tegasnya.

Faktor internal lainnya adalah adanya perbaikan defisit transaksi berjalan atau current account deficit (CAD) yang ditargetkan sampai akhir tahundi bawah 3%. Di samping itu juga pengendalian inflasi sebesar 4,5%.

"CAD jauh lebih baik dibandingkan yang diperkirakan, inflasinya lebih rendah dari pada yang diperkirakan," ujarnya.

Selain faktor internal, IHSG juga dipengaruhi oleh beberapa faktor eksternal. Pertama adalah faktor dari perkembangan ekonomi dari Amerika Serikat (AS). Kedua, adalah pertumbuhan ekonomi Jepang yang membaik di triwulan I-2014.

"Sehingga kondisi seperti ini yang kita perkirakan ekspor kita mudah-mudahan di kuartal II membaik," kata Chatib.

Sumber : Detik.com