Jumat, 13 Mei 2016

Penguatan ekuitas global buat emas jatuh ke dekat level terendah dalam 2 minggu

PT. Equityworld Futures - Emas berjangka menetap di dekat level dua minggu terendah pada hari Selasa, imbas dari penguatan dalam ekuitas global yang mengurangi daya tarik investasi untuk logam kuning ini serta ketidakpastian menggerayangi prospek untuk dolar AS.

Emas untuk pengiriman Juni kehilangan $ 1,80, atau 0,1%, ke level $ 1,264.80 per ounce di Comex. Harga, yang kehilangan 2,1% pada hari Senin, berakhir di level terendah sejak 27April lalu. sementara itu, SPDR Gold Trust naik tipis sebesar 0,3%.

Suku bunga yang lebih rendah cenderung menekan dolar dan meningkatkan aset berdenominasi dolar seperti emas; dolar yang lebih kuat cenderung memberikan dampak negative untuk emas.

Pada hari Selasa di AS, ekuitas menuju posisi yang lebih tinggi seiring kenaikan pada harga minyak berjangka. Yang diikuti kenaikan berturut-turut untuk saham Eropa serta kenaikan di pasar Asia. Penguatan di pasar saham bisa menarik investor beralih dari 'emas.

Harga emas juga turun menyusul naiknya dolar AS yang mencapai posisi tertinggi dua minggu terhadap yen Jepang. Pejabat Jepang berusahan menggenjot retorika untuk menjaga mata uang mereka terkendali untuk kepentingan eksportir Jepang. ICE AS Dollar Index stabil pada hari Selasa, bersiap mencatatkan kenaikan 6 sesi beruntun.

Di tempat lain dalam perdagangan logam, perak Juli berakhir sedkit berubah di level $ 17,092 per ounce. Tembaga Juli bermutu tinggi menetap di level $ 2,093 per pon, turun 1,4 sen, atau 0,7%. Platinum Juli menguat $ 2,50, atau 0,2%, ke level $ 1,049.30 per ounce, sementara paladium Juni naik $ 8,10, atau 1,4%, ke level $ 592,20 per ounce. (sdm)

Sumber : www.ewfpro.com