Senin, 30 Mei 2016

Kebanyakan Bursa Asia Menguat Dengan Bursa Jepang Naik Terkait Komentar Yellen

PT. Equityworld Futures - Sebagian besar bursa saham Asia menguat, dipimpin oleh Jepang, karena pelemahan yen di tengah meningkatnya keyakinan bahwa ekonomi AS cukup kuat untuk menahan biaya pinjaman yang lebih tinggi pada awal musim panas ini.

Indeks MSCI Asia Pacific, berdenominasi mata uang dolar, turun kurang dari 0,1 persen menjadi 128,10 pada pukul 17:06 sore di Tokyo, dengan 677 saham menguat sementara 268 melemah. Indeks Topix Jepang naik 1,2 persen karena penguatan dalam eksportir dan seorang asisten Perdana Menteri Shinzo Abe mengatakan bahwa dia kemungkinan akan menunda kenaikan pajak penjualan selama dua tahun. Sedangkan indeks Taiex Taiwan naik 0,9 persen karena Hon Hai Precision Industry Co. dan Taiwan Semiconductor Manufacturing Co. mendorong perusahaan teknologi lebih tinggi.

Ketua Federal Reserve Janet Yellen mengatakan dalam sambutannya di Harvard University pada hari Jumat bahwa membaiknya ekonomi Amerika mungkin akan menjamin kenaikan suku bunga lainnya "dalam beberapa bulan mendatang," yang membuat dolar menguat terhadap yen. Yen diperdagangkan di 111,30 per dolar, level terlemah sejak 28 April lalu. Pasar keuangan di AS dan Inggris akan ditutup pada hari Senin untuk hari libur umum.(frk)

Sumber: Bloomberg