Selasa, 15 November 2016

Koin Emas Langka Seharga Rp 4 Miliar Ditemukan dalam Kotak Mainan


Koin emas abad ke-18 yang nilainya mencapai 250.000 poundsterling atau Rp 4 miliar, ditemukan dalam kotak mainan seorang anak. Pemilik yang tidak disebutkan namanya itu mengaku mendapatkan koin langka Queen Anne Vigo senilai lima guinea dari kakeknya.

Pria itu tidak tahu nilai koin yang ia miliki dan menyimpannya dalam kotak mainan bajak laut. Saat kakeknya meninggal, ia menemukan kembali koin itu dan memberikannya pada anaknya.

"Kakek saya sering berpetualang keliling dunia selama hidupnya dan mengumpulkan koin dari berbagai negara yang ia kunjungi. Ia memberi saya satu tas koin untuk bermain bajak laut," ujar pria tersebut

Seiring waktu berlalu, pria itu melupakan koin tersebut sampai ketika membereskan barang kakeknya, ia menemukannya kembali. Awalnya, ia memberikan koin tersebut pada anaknya untuk bermain seperti dirinya dulu. Namun, ia curiga dengan kilauan koin emas yang tampak berbeda.

Pria dari Stansed, Essex, Inggris, itu pun membawanya ke ahli karena merasa itu koin yang berharga. Gregory Tong dari toko lelang Boningtons di Chelmsford langsung mengenali nilai koin itu.

Ia pun menawarkan pria tersebut untuk melelang koinnya. Menurut Tong, nilainya bisa mencapai empat miliar rupiah.

Koin itu diperkirakan terbuat dari emas rampasan armada Inggris. Pada tahun 1703, koin itu digunakan untuk kampanye propaganda atas kegagalan Inggris di tahun sebelumnya.