Kamis, 10 November 2016

Layar Sentuh Smartphone Bermasalah? Ini Cara Mengatasinya


Saat ini, banyak dari kita tak bisa melepaskan diri dari penggunaan smartphone dalam kehidupan sehari-hari.

Tak hanya sekedar untuk berkomunikasi, penggunaan smartphone pun saat ini sudah melebar mulai dari bekerja hingga sampai dengan bermain game. Namun, smartphone pun memiliki kendala dari waktu ke waktu. Salah satu kendala yang kerap muncul adalah layar sentuh (touchscreen) ponsel yang sering kurang responsif terhadap sentuhan atau macet.

1. Bebaskan RAM

Salah satu penyebab layar sentuh ponsel sering 'macet' adalah RAM yang sudah terlalu terbebani. Jumlah aplikasi dan game yang terlalu banyak atau kapasitas RAM yang terlalu kecil adalah salah satu alasan kenapa RAM ponsel harus dibebaskan.

Ingatlah untuk menghapus aplikasi atau game yang kamu rasa kurang penting dan sudah tidak dimainkan lagi. Ada baiknya juga untuk menggunakan aplikasi task manager untuk mematikan aplikasi yang sedang berjalan di dalam ponsel.

2. Restart Perangkat

Me-restart dipercaya dapat mengatasi berbagai permasalahan, bahkan tidak hanya di perangkat Android, di Windows dan iOS pun hal tersebut merupakan jurus terakhir untuk mengatasi permasalahan layar sentuh yang macet.

3. Gunakan Kalibrasi

Hal ini ditujukan untuk menyesuaikan layar sentuh dengan sentuhan yang di sediakan oleh developer perangkat. Berhubung setiap sistem operasi memiliki langkah tersendiri untuk melakukan kalibrasi, bagi kamu yang menggunakan Android bisa menemukan fitur kalibrasi ini di pengaturan.

4. Ganti Launcher

Pertimbangkanlah untuk mengganti launcher Anda, misalnya dengan memasang Apex Launcher, GO Launcher, atau launcher lain yang menurut Anda menarik.