Selasa, 19 Desember 2017

Equityworld Futures | Jonghyun 'Shinee' Dikenal Kreatif dan Ceria, Kenapa Bisa Bunuh Diri?

Equityworld Futures | Jonghyun 'Shinee' Dikenal Kreatif dan Ceria, Kenapa Bisa Bunuh Diri?
 

Equityworld Futures | Sosok Jonghyun 'Shinee' dikenal memiliki talenta luar biasa. Tak hanya bernyanyi, ia juga jago menari dan menulis lagu. Dalam berbagai kesempatan, anggota grupnya mengaku jika Jonghyun merupakan motivator bagi mereka.

Namun mengapa pribadi seperti ini bisa terpikir untuk bunuh diri? Faktanya, ini memang bisa terjadi pada siapa saja.

"Ini mengingatkan bahwa betapa banyaknya masalah terkait kasus gangguan depresi dan kaitannya dengan bunuh diri ini sebenarnya salah satu hal yang bisa terjadi pada siapa saja," tandas dr Andri, SpKJ, FAPM.

Hanya saja psikiater yang berpraktik di RS Omni Alam Sutra ini mengatakan tidak semua kasus depresi yang dialami seseorang akan mengakibatkan bunuh diri atau percobaan bunuh diri. Menurutnya, ini hanya bisa terjadi pada beberapa kasus saja.

dr Andri menampik anggapan bahwa gejala depresi kerap tidak terlihat atau jarang diketahui. Menurutnya, gejala depresi sebenarnya sudah jelas terlihat, namun kebanyakan orang menganggap depresi itu tak lebih dari perasaan sedih yang biasa.

"Bahkan cenderung kita mengelakkan diri jika ada orang depresi. Mungkin dalam pikiran kita 'Kok bisa sih kamu depresi pdhl semua kayakny baik2 aja de'," tulisnya di akun Twitter, @mbahndi.

Baca juga : 4 Fakta Menghebohkan tentang Jonghyun SHINee  | Equityworld Futures

Tak hanya itu, lanjut dr Andri, depresi masih dianggap sebagai bentuk kelemahan pribadi seseorang sehingga kerapkali diabaikan, padahal depresi merupakan gangguan mental serius yang harus segera mendapatkan penanganan.

Untuk itu, dr Andri menegaskan, peranan yang bisa diambil adalah untuk memahami gejala depresi yang terjadi, baik pada diri sendiri maupun orang lain.

"Maka dari itu kita harus berempati dengan orang-orang yang mengalami kondisi seperti ini. Jangan dianggap lemah atau malah dibully, tapi dirangkul dan biarkan dia cerita. Kalau perlu, segera bawa ke profesional terlatih seperti psikolog klinis atau psikiater untuk mendapatkan bantuan," sarannya beberapa waktu lalu.

Equityworld Futures