Rabu, 27 Desember 2017

Equityworld Futures | Cara Mudah Detoks Keuangan

Equityworld Futures | Cara Mudah Detoks Keuangan

Hasil gambar untuk uang
Equityworld Futures | Memasuki tahun 2018, pastinya kita ingin keuangan menjadi lebih sehat. Satu hal yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki keuangan kita adalah dengan melakukan detoks keuangan.

Detoks keuangan adalah usaha radikal untuk memperbaiki kesalahan cara pengelolaan keuangan di masa lalu. Mau tahu cara melakukan detoks keuangan? Simaklah langkah berikut.

1. Akui bahwa kita bermasalah
Mulai dari kebiasaan berbelanja secara online, tergoda midnight sale, dan gaya hidup yang menyangkut rutinitas kopi di tempat kekinian misalnya tanpa dibantu dengan anggaran. Tidak adanya anggaran akan menimbulkan masalah keuangan yang terus menerus berulang sehingga gajian sepertinya hanya demi memenuhi gaya hidup.

2. Atasi bocor halus keuangan
Sesederhana snacks yang hanya Rp 5.000 sampai Rp 10.000. Walau terlihat sepele ternyata mampu menggerus banyak sekali uang kita. Biasanya bocor halus menempati porsi tertinggi karena pengeluaran-pengeluaran receh yang tidak terlihat dan tidak tercatat. Untuk itu, mulailah buat alokasi anggaran khusus untuk snacks & drinks dengan bantuan uang elektronik atau e-wallet.

3. Kekuatan mengurangi barang
Masih merasa tidak punya tabungan? Mungkin saldonya ada di tas mau pun barang mahal yang Anda punya. Coba bergaya hidup minimalis dan kurangi isi lemari dengan bantuan garage sale.

4. Kurangi kepemilikan dan penggunaan kartu kredit
Seberapa sering kah Anda mempergunakan kartu kredit? Apabila Anda memiliki kartu kredit lebih dari satu dan ternyata hanya mampu membayar cicilan minimalnya, maka detoks kartu kredit perlu dilakukan. Tutup kartu kredit yang dimilik dan hanya sisakan satu saja untuk berjaga-jaga.

Baca juga : 10 Film Fenomenal Marlene Dietrich | Equityworld Futures


5. Miliki tujuan keuangan dan pos keuangan
Memiliki tujuan keuangan sangat penting agar dapat dijadikan tolok ukur dalam perjalanan keuangan yang dimiliki. Untuk itu sebaiknya Anda juga sudah memiliki pos-pos keuangan, agar dana yang kita miliki tidak tercampur untuk keperluan lain. Selain itu, pengeluaran bisa lebih terkendali. Cara terbaik untuk menabung dan investasi untuk tujuan keuangan adalah membuatnya otomatis.

Semoga dengan detoks keuangan maka problema keuangan dapat teratasi satu per satu.

Equityworld Futures