Selasa, 24 Oktober 2017

Equity World | Benarkah susu kental manis berbahaya bagi anak? Ini penjelasan BPOM

Equity World | Benarkah susu kental manis berbahaya bagi anak? Ini penjelasan BPOM
 

Equity World | Dewan Kesehatan Rakyat (DKR) menilai kandungan gula yang mencapai 50 persen pada produk SKM berpotensi menyebabkan obesitas dan diabetes.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memastikan bahwa susu kental manis (SKM) aman dikonsumi oleh siapa pun, termasuk anak-anak.

"Itu kan sudah sejak lama kami periksa dan ada aturannya, jadi aman dikonsumsi," ujar kata Direktur Standardisasi Produk Pangan BPOM Tetty Helfery Sihombing saat dihubungi di Jakarta.

Penegasan itu terkait dengan kontroversi SKM di media massa akhir-akhir ini.

Sejumlah elemen masyarakat dan pakar terus menyuarakan tagline "SKM Bukan Susu" untuk melawan pengiklanan produk SKM yang dianggap membohongi publik.

Dewan Kesehatan Rakyat (DKR) menilai kandungan gula yang mencapai 50 persen pada produk SKM berpotensi menyebabkan obesitas dengan risiko diabetes.

Di Amerika dan negara maju lainnya, susu kental manis kini sudah tidak dikonsumsi secara massal karena dianggap rendah gizi dan terlalu banyak mengandung gula.

Tetty menegaskan bahwa SKM merupakan produk susu sehingga tidak masalah jika dikonsumsi siapa pun.

Menurut dia, sebuah produk baru dapat dikategorikan sebagai pangan jika semua ketentuan karakteristik dasarnya sudah terpenuhi. Berdasarkan karakteristik itu, susu kental manis masuk ke dalam produk berbahan dasar susu.

Selain itu, lanjut dia, susu kental manis memang mesti mengandung gula karena gula memiliki senyawa yang bisa mengawetkan produk.

Baca juga : 5 Hal mendasar bedakan orang kaya dengan pura-pura kaya | Equity World

"Karena itu, jika kadar gula itu dikurangi maka fungsi mengawetkannya juga otomatis akan berkurang," kata Tetty yang dikutip dari Antara.

Bahkan, kadar protein dalam susu kental manis juga diatur sehingga produk itu memang layak masuk dalam kategori susu.

Terkait isu kelayakan konsumsi untuk anak-anak, Tetty menjamin jika susu kental manis tidak masalah jika dikonsumsi anak-anak, kecuali bayi. Anak-anak yang sudah berumur lebih dari satu tahun pun boleh mengkonsumsi produk susu tersebut.

Equity World