Selasa, 30 Mei 2023

Equity World | IHSG Memerah Saat Bursa Saham Asia Menguat, Ada Apa?

Equity World | IHSG Memerah Saat Bursa Saham Asia Menguat, Ada Apa?

Equity World | IHSG parkir di zona merah pada sesi I, Senin (29/5/2023). Akhirnya, IHSG hari ini ditutup terkoreksi 45,75 poin (0,68%) ke level 6.641,24. IHSG hari ini memerah saat bursa saham Asia menguat. Ada apa?

Pilarmas Investindo Sekuritas mengatakan, penyebab IHSG memerah karena terpengaruh sentimen dalam negeri, yaitu penerimaan dari setoran pajak industrian pengolahaan tumbuh melambat. Kementerian Keuangan menyebutkan setoran pajak dari industri pengolahan berkontribusi 27,4% dari penerimaan dan berhasil tumbuh 9,5% dibandingkan dengan tahun lalu di periode yang sama sebesar 51,0%.

Meski bertumbuh, Pilarmas menyebut melambatnya pertumbuhan tersebut tentunya ini memberikan tekanan di sektor manufaktur. “Dengan industri manufaktur mengalami pelemahan, tentu berimbas pada penerimaan pajak.,” tulis Pilarmas dalam risetnya, Senin (29/5/2023).

Pilarmas menambahkan, saat IHSG memerah, bursa regional Asia malah menguat. Hal ini sejalan respon pelaku pasar dan investor menyambut baik berita bahwa Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan para pemimpin kongres mencapai kesepakatan sementara untuk menaikkan plafon utang pada akhir pekan. Kesepakatan tersebut tentunya akan memberikan efek Amerika Serikat terhindar default.

“Dengan kesepakan tersebut tentunya ini meredakan pasar yang sebelumnya pasar di selimuti kecemasan dan keraguan,” tambah Pilarmas.

Pilarmas merekomendasikan saham ICBP untuk perdagangan di sesi II. “Kami merekomendasikan buy dengan support dan resistance di level 11.025-11.400. Sedangkan PER 8,28 kali dan PBV 2,04 kali,” tutup Pilarmas.