Rabu, 03 Mei 2023

Equity World | Asia Bergerak Mixed pada Perdagangan Mode Liburan

Equity World | Asia Bergerak Mixed pada Perdagangan Mode Liburan

Equity World | Saham Asia bergerak mixed pada Selasa (2/5) siang. Beberapa pasar tutup atau mengantisipasi hari libur, sementara investor menunjukkan reaksi diam terhadap kegagalan bersejarah terbaru perbankan Amerika Serikat (AS).

Nikkei 225 Jepang naik tipis 0,2% menjadi 29.175,44 pada perdagangan pagi. Perdagangan di Tokyo akan ditutup untuk liburan Golden Week di sisa minggu ini. Perdagangan ditutup di Shanghai untuk Hari Buruh.

S&P/ ASX 200 Australia merosot 0,2% menjadi 7.319,40. Kospi Korea Selatan naik 0,8% menjadi 2.522,09. Hang Seng Hong Kong hampir tidak berubah di 19.885,48.

Bank sentral Australia (RBA) mengadakan pertemuan kebijakan, tetapi tidak ada perubahan yang diharapkan. Laporan ekonomi dan inflasi juga diharapkan di Eropa menjelang pertemuan bank sentral minggu ini.

Pasar juga bersiap untuk apa yang diharapkan menjadi kenaikan suku bunga terakhir oleh Federal Reserve (Fed) AS untuk beberapa waktu. Sementara itu, harga minyak dan mata uang bergerak tipis.

Data manufaktur Tiongkok baru-baru ini menunjukkan kontraksi, mencerminkan bagaimana melemahnya pasar ekspor mulai merugikan ekonomi domestik, menurut analis.

“Kami yakin pemerintah akan melanjutkan subsidi pada kendaraan listrik, yang akan menguntungkan sektor manufaktur dan jasa. Pemerintah juga dapat mendorong pembangunan infrastruktur lebih cepat,” kata Robert Carnell dan analis lain di ING dalam laporan mereka, Selasa.

Dipantau dari AP, masih ada kekhawatiran tentang keuntungan perusahaan dan pertengkaran terbaru pemerintah AS atas batas utang negara.

Namun yang terpenting adalah apa yang akan dilakukan bank sentral AS dengan suku bunga. Pada pertemuan berikutnya, yang berakhir Rabu (3/5), sebagian besar pedagang memperkirakan Fed akan menaikkan suku bunga jangka pendek sebesar seperempat persentase poin atau 25 basis poin (bps) lagi hingga kisaran 5% hingga 5,25% dari hampir nol awal tahun lalu.

Harapannya adalah itu mungkin merupakan peningkatan terakhir untuk sementara waktu, yang akan memberi lebih banyak ruang bernapas bagi ekonomi dan pasar keuangan.

Di pasar obligasi pemerintah AS, imbal hasil (yield) Treasury naik karena ekspektasi menguat di Wall Street untuk setidaknya satu kali kenaikan suku bunga lagi. Hasil pada Treasury tenor 10 tahun naik menjadi 3,58% dari 3,43% akhir pekan lalu. Ini membantu menetapkan tarif untuk hipotek dan pinjaman penting lainnya.

Hasil pada Treasury tenor dua tahun, yang bergerak lebih pada ekspektasi untuk tindakan Fed, naik menjadi 4,13% dari 4,02%.

Pada perdagangan energi, patokan minyak mentah AS turun tipis 3 sen menjadi US$ 75,63 per barel. Minyak mentah Brent, standar internasional, turun 3 sen menjadi US$ 79,28 per barel.

Dalam perdagangan mata uang, dolar AS turun tipis menjadi 137,42 yen Jepang dari 137,47 yen. Euro berdiri di level US$ 1,0988, naik tipis dari US$ 1,0978.