Senin, 08 April 2019

Equityworld Futures | Dolar Tergelincir, Emas Melesat ke Level Tertinggi Satu Pekan

Equityworld Futures | Dolar Tergelincir, Emas Melesat ke Level Tertinggi Satu Pekan

Equityworld Futures | Harga emas melesat ke level tertinggi satu pekan, Senin siang, karena dolar tergelincir setelah data menunjukkan pertumbuhan upah AS melambat pada bulan lalu. Di sisi lain, investor juga menantikan risalah pertemuan Maret Federal Reserve, pekan ini.
Harga emas di pasar spot naik 0,4 persen menjadi USD1.296,06 per ounce pada pukul 13.05 WIB, setelah mencapai USD1.296,83 di awal sesi, demikian laporan Reuters, di Bengaluru, Senin (8/4). Emas berjangka Amerika Serikat juga menguat 0,4 persen menjadi USD1.300,40 per ounce.
"Indeks dolar meninggalkan level tertinggi multi-pekan dan harga emas naik akibat melemahnya dolar," kata Margaret Yang, analis CMC Markets, Singapura.
"Meski data penggajian non-pertanian (non-farm payrolls) lebih baik dari perkiraan, pekerjaan di bidang manufaktur menyusut yang merupakan sinyal buruk untuk sektor tersebut dan tidak menunjukkan gambaran yang sangat cerah dari prospek ekonomi."
Dolar turun 0,2 persen terhadap rival utama, membuat emas lebih murah bagi pemegang mata uang lainnya.
Walau pertumbuhan lapangan kerja berakselerasi dari level terendah 17-bulan pada periode Maret, data yang dirilis Jumat menunjukkan perlambatan pertumbuhan upah dan pemangkasan lapangan kerja di sektor manufaktur, penurunan pertama dalam upah pabrik sejak Juli 2017.
Moderasi dalam pertumbuhan upah mendukung keputusan dovish The Fed untuk mengabaikan kenaikan suku bunga tahun ini.
Selanjutnya pasar menantikan risalah pertemuan kebijakan Maret Komite Pasar Terbuka Federal ( FOMC ), yang dijadwalkan Rabu, untuk isyarat tentang sikap kebijakan moneter The Fed di masa mendatang.

"Tetapi pada akhirnya katalis utamanya tetap negosiasi perdagangan Amerika-China," kata Stephen Innes, Kepala Strategi Perdagangan SPI Asset Management, menambahkan bahwa pasar ekuitas akan melonjak pada berita kesepakatan kedua negara, mengurangi daya tarik emas dalam jangka pendek.
Negosiator AS dan China dijadwalkan melanjutkan diskusi pekan ini untuk mengamankan pakta guna mengakhiri pertempuran tarif selama setahun.
Saham Asia melejit ke level tertinggi tujuh bulan karena investor menyambut rebound pada data penggajian AS dan mengisyaratkan lebih banyak stimulus di China, membatasi kenaikan emas.
Reli di pasar ekuitas mendorong investor untuk memotong eksposur mereka terhadap emas baru-baru ini, kata analis.
Spekulan memangkas taruhan bullish mereka di emas COMEX dalam pekan hingga 2 April, tutur Komisi Perdagangan Komoditas Berjangka ( CFTC ) AS, Jumat.
Kepemilikan dalam ETF emas terbesar di dunia, SPDR Gold Trust, juga anjlok sebanyak 3 persen pada pekan sebelumnya, penurunan persentase mingguan terbesar sejak akhir November 2016.

Equityworld Futures | Equityworld Futures

Harga Emas Turun karena Penguatan Wall Street | Equityworld Futures

Di antara logam mulia lainnya, harga platinum spot melonjak 1,4 persen menjadi USD907,15 per ounce, setelah menyentuh tingkat tertinggi lebih dari sepuluh bulan di posisi USD912,90 per ounce pada awal sesi.
Palladium naik 0,2 persen menjadi USD1.372,61 per ounce dan perak bertambah 0,3 persen menjadi USD15,12 per ounce.