Jumat, 26 April 2019

Equity World | Harga Emas Berjangka Berakhir Naik

Equity World | Harga Emas Berjangka Berakhir Naik

Equity World | Harga emas beringsut lebih tinggi pada hari Kamis (25/4/2019) karena data ekonomi yang lemah menyalakan kembali kekhawatiran atas pertumbuhan global.

Sementara pemulihan emas batangan dari posisi terendah empat bulan dan gambaran teknis yang membaik mendorong beberapa investor untuk menutup posisi pendek mereka.

Spot gold naik 0,1 persen menjadi US$1.276,43 per ounce. Emas berjangka AS menetap US$0,30 lebih tinggi pada US$1.279,70.

Pasar ekuitas dunia tergelincir karena kemunduran mengejutkan dalam data ekonomi Jerman dan Korea Selatan membawa kembali ke depan kekhawatiran tentang penurunan global.

"Koreksi di pasar (saham) telah memberikan beberapa dukungan untuk emas. Tetapi pasar (emas) masih mencari katalis untuk langkah signifikan dan tidak ada banyak momentum di kedua arah," kata analis Capital Economics Ross Strachan.

"Emas sedang menunggu perkembangan yang lebih besar. Kami mendapatkan PDB AS dan itu diharapkan memiliki dampak signifikan pada dolar."

Data produk domestik bruto AS akan dirilis pada hari Jumat, dengan perkiraan ekonomi akan tumbuh sebesar 2,1 persen pada kuartal pertama.

Emas telah pulih setelah mencapai level terendah empat bulan US$1.265,90 per ounce pekan ini, meskipun harapan bahwa harga bisa jatuh ke rata-rata bergerak 200 hari di sekitar US$1.251, kata para analis.

"Harga emas menunjukkan ketahanan di sini. Kami belum berhasil melihat perluasan ke pelarian teknis yang kami lihat minggu ini," kata Ole Hansen, ahli strategi komoditas di Saxo Bank.

"Fakta bahwa kami telah berhasil memulihkan dan menemukan tawaran membuat beberapa celana pendek gugup dan itu memberikan beberapa dukungan saat ini. Koreksi di pasar global juga hanya menambah persamaan. "


Equity World


Dolar AS Keok, Harga Emas Melonjak | Equity World

Data dari Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas AS menunjukkan spekulan beralih ke posisi jual bersih pendek di COMEX emas dalam seminggu hingga 16 April.

Sentimen bearish dalam emas juga tercermin dalam kepemilikan SPDR Gold Trust, dana yang diperdagangkan di bursa yang didukung emas terbesar di dunia. Holdings turun 0,2 persen menjadi 747,87 ton pada hari Rabu, terendah sejak 19 Oktober.

Spot gold dapat melambung ke arah resistance di US$1.284, karena telah menemukan support di US$1.264, analis teknis Reuters Wang Tao mengatakan.

Di tempat lain, perak stabil di US$14,91 per ounce. Sementara platinum juga menguat di US$878,84.