Senin, 09 Juli 2018

Equity World | Keseringan Makan Fast Food Bisa Tingkatkan Risiko Asma

Equity World | Keseringan Makan Fast Food Bisa Tingkatkan Risiko Asma
Sering makan fast food seperti burger, ayam goreng, pizza dan sebagainya? Studi menyebut konsumsi makanan-makanan tersebut bisa meningkatkan risiko asma. Foto: Thinkstock

Equity World | Sering makan fast food seperti burger, ayam goreng, pizza dan sebagainya? Waspada, studi menyebut konsumsi makanan-makanan tersebut bisa meningkatkan risiko asma.

Dalam penelitian yang dipublikasikan di jurnal Respirology, peneliti dari Sichuan University, China, menganalisis 16 penelitian yang menghubungkan konsumsi fast food dengan risiko asma, alergi dan gangguan pernapasan lainnya.

Ditemukan bahwa mengonsumsi fast food seperti burger dan pizza tiga kali dalam seminggu meningkatkan risiko kematian akibat asma. Hal ini dikarenakan risiko kambuhnya serangan asma meningkat hingga lebih dari 4 kali dalam setahun.

"Mengonsumsi fast food terlalu sering, hingga 3 kali dalam seminggu, membuat pengidap asma mengalami gejala demam, eksim, hidung tersumbat, hingga bersin-bersin dan sesak napas," tulis peneliti, dikutip dari DailyMail.

Mengapa konsumsi fast food meningkatkan kekambuhan dan keparahan asma? Peneliti menyebut hal ini karena kandungan nutrisi yang ada pada fast food.

7 Etika Kondangan yang Wajib Kamu Terapkan Agar Nggak Malu-maluin. Siapa Tahu Belum Pernah Dengar | Equity World

Info lowongan kerja di Equity World SSC Jakarta | Equity World

Kandungan fast food yang tinggi lemak disebut bisa menyebabkan peradangan pada saluran napas dan kerongkongan. Akibatnya, sirkulasi udara dan pernapasan menjadi terhambat, dan menyebabkan asma.

Dalam penelitian ini, peneliti juga melihat adanya hubungan antara obesitas dan risiko kekambuhan asma. Semakin sering mengonsumsi fast food, risiko obesitas semakin meningkat, yang membuat kekambuhan asma terjadi lebih sering.

Equity World