Senin, 07 Mei 2018

Equityworld Futures | Lava Gunung Kilauea di Hawaii Hancurkan 26 Rumah

Equityworld Futures | Lava Gunung Kilauea di Hawaii Hancurkan 26 Rumah
Penampakan Erupsi Gunung Kilauea di Hawaii

Equityworld Futures | Erupsi dilaporkan terus terjadi di Gunung Kilauea, setelah gempa bumi besar pertama sejak 43 tahun terakhir, mengguncang Pulau Besar Hawaii (Big Island Hawaii) pada Sabtu, 5 Mei 2018.

Gempa gunung api berkekuatan 6,9 skala Richter itu menghantam wilayah konservasi di dekat Leilani Estates, sebuah distrik berpenduduk 2.000 orang yang berjarak 220 mil (sekitar 354 kilometer) dari Honolulu, pada Jumat malam, 4 Mei 2018.

Dikutip dari Time.com pada Senin (7/5/2018), tidak hanya menyebabkan gempa bumi besar pertama sejak 1975, meningkatnya aktivitas gunung api teraktif di Hawaii itu juga memicu retakan di beberapa titik di Leilani Estates, yang mendorong aliran lava mengalir ke area pemukiman warga.

Lembaga geologi nasional Amerika Serikat (AS), USGS, melaporkan sebanyak tujuh hingga delapan retakan muncul di Leilani Estates, di mana beberapa di antaranya menyemburkan lava yang disertai kobaran api.

Sebelumnya, aktivitas vulkanik Gunung Kilauea menyebabkan serangkaian gempa bumi di Big Island Hawaii sejak awal pekan lalu, dan berujung pada letusan pertama yang terjadi pada Kamis malam, 2 Mei 2018.

Letusan awal itu mendorong aliran lava ke bagian tenggara distrik Leilani Estates, memblokir beberapa ruas jalan, dan membuat ribuan orang dievakuasi.

Dorongan lava juga menyebabkan dinding kawah Pu’u Oo runtuh, sehingga memicu muntahan asap dan uap panas yang membumbung tinggi ratusan meter ke udara.

Pasca erupsi pertama, USGS juga melaporkan adanya gempa berkekuatan 6,9 skala Richter yang terjadi pada Jumat, 4 Mei 2018. Gempa ini menyebabkan munculnya enam retakan di sekeliling gunung api tersebut.

7 Tanda Nyata Pekerjaanmu Sekarang Adalah yang Terbaik Untukmu | Equityworld Futures

Info lowongan kerja di Equity World SSC Jakarta | Equityworld Futures

Menurut laporan kantor berita Associated Press, sekitar 10.000 orang penduduk di sekitar Gunung Kilauea didesak untuk segera menyiapkan evakuasi sejak Selasa, 1 Mei 2018.

Distrik Lelilani Estates disebut sebagai wilayah dengan dampak kerusakan paling serius. Aliran lava gunung api tersebut dilaporkan menghancurkan 26 rumah.

Equityworld Futures