Kamis, 08 Februari 2018

Equity World | Kedinginan karena Hujan dan Banjir? Atasi dengan Cara Ini

Equity World | Kedinginan karena Hujan dan Banjir? Atasi dengan Cara Ini
Kedinginan karena Hujan dan Banjir? Atasi dengan Cara Ini

Equity World | Hujan deras disertai banjir terkadang membuat tubuh mengalami kedinginan yang hebat. Kedinginan akut ini atau yang biasa disebut hipotermia muncul karena panas tubuh merosot drastis sehingga menyebabkan turunnya temperatur tubuh.

Meski hanya kedinginan namun kondisi ini tak bisa dianggap enteng. Jika dibiarkan hipotermia bisa menyebabkan banyak masalah dalam tubuh. Oleh sebab itu, harus cepat diatasi dengan tepat agar kondisi ini tak menjadi masalah yang berlarut.

Menurut dr Kevin William Hutomo, upaya yang bisa dilakukan adalah meningkatkan kembali suhu tubuh dengan cara menyelimuti tubuh. Jika kehujanan atau kebanjiran segera melepaskan pakaian basah dan buat tubuh dalam keadaan kering.

"Upaya yang langsung dilakukan saat keadaan seperti ini yaitu dengan menghangatkan diri. Gunakan selimut dan usahakan tubuh dalam keadaan kering," ujar dr Kevin.

Lanjut dr Kevin, kontak langsung dengan benda-benda atau cuaca dingin misalnya air atau permukaan dingin juga menyebabkan hilangnya panas tubuh. Sebaiknya jangan sampai terpapar langsung dengan air.

Baca juga : Lukisan dengan Efek Emosional ala Paula Modersohn-Becker | Equity World

"Hindari terkena air langsung karena air yang dingin akan langsung menyentuh tubuh dan menghambat proses penghangatan diri," pungkas dokter yang berpraktik di RS Permata Depok ini.

dr Kevin menambahkan, konsumsi pula makanan dan minuman dalam keadaan hangat untuk membantu stabilisasi suhu dari dalam tubuh.

Equity World