Selasa, 21 Maret 2017

Ini 8 Fakta Sederhana Tentang Orang Bipolar yang Perlu Kamu Tahu

Equityworld Futures | Ini 8 Fakta Sederhana Tentang Orang Bipolar yang Perlu Kamu Tahu



Equityworld Futures | Beberapa dari kamu mungkin pernah mendengar istilah bipolar disorder (BD) atau gangguan bipolar, sementara beberapa dari kalian mungkin belum. Bagi kalian yang pernah mendengarnya, besar kemungkinan itu karena seseorang di sekitarmu mengalaminya ataupun kamu sendiri. BD banyak klasifikasinya dan itu digambarkan dalam spektrum yang seperti pelangi, jadi gak ada tipe yang benar-benar pasti. Yang jelas, ada fakta-fakta yang perlu kamu tahu soal BD agar kamu mengenal kondisi para penderita BD lebih dalam.

Dikutip dari idntimes.com, ini dia 8 hal yang perlu kamu tahu soal orang dengan BD:

1. Tahap dari depresi atau mania bisa bertahan berhari-hari, berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan. Beberapa orang dengan gangguan bipolar memiliki jarak bulanan atau tahunan antar "serangannya", di mana yang lainnya memiliki gejala yang terus-menerus. Hampir gak ada pengalaman yang "sama/serupa" di antara para penderita bipolar.

2. Gak ada klasifikasi bipolar yang dideskripsikan dalam spektrum gangguannya itu yang saklek. Gak semua orang yang memiliki gangguan bipolar itu bisa ditipekan bipolar tertentu. Misalnya: setengah bipolar I, total bipolar II, dll.

3. Gak semua orang yang didiagnosa mengidap gangguan bipolar perlu melewati pengobatan. Semua tergantung dari tingkat keparahan dan frekuensi "serangan" mereka, seseorang bisa saja hanya diberi resep obat antidepressants standar seperti Prozac, ataupun mereka bisa melewati tanpa pengobatan sama sekali dalam jangka panjang. Intinya semua pengidap bipolar hanya perlu pembuat stabil mood agar kehidupannya bisa berlanjut.

4. Orang dengan gangguan bipolar bisa merespon dengan baik pada terapi berbicara dan mereka juga bisa belajar strategi untuk mengatur mood mereka dengan sendirinya.

5. Kondisi kehidupan yang penuh stres menyebabkan orang bipolar lebih besar kemungkinan terkena "serangan". Dengan mengurangi penyebab stres, orang tersebut bisa mengatur kesehatan dengan baik. Kunci lainnya adalah diet, olahraga serta pola tidur.

6. Kebanyakan orang yang memiliki gangguan bipolar memiliki gejala yang berkembang saat awal dewasa muda, dengan akhir 20-annya menjadi usia tipikal serangan.

7. Belum diketahui pengobatan/penyembuhan permanen untuk gangguan ini, tapi beberapa penderitanya merasa bahwa beberapa gejala mereka menjadi jinak lambat laun, terutama ketika mereka sudah memiliki pandangan positif terhadap kondisi mereka dan cara mengendalikannya.

8. Gangguan bipolar sangat susah untuk didiagnosa. Banyak penderitanya menunggu 10 tahun bahkan lebih untuk menjelaskan perasaan dan perilaku mereka. Mereka perlu berbicara secara berkala kepada psikiater jika sudah didiagnosa ataupun sekedar sudah merasa bahwa kondisi mood mereka cocok dengan deskripsi gangguan bipolar.

Baca juga : Lakukan 7 Hal Ini Agar Hasil Keringatmu Tetap Bisa Dinikmati di Usia Senja | Equityworld Futures

https://goo.gl/pKcxnw


Itulah fakta-fakta tentang orang dengan gangguan BD yang perlu kamu tahu. Yang mereka butuhkan hanya kepedulian, rangkulan, pengertian dan dukungan. Mereka gak memilih untuk memiliki kepribadian seperti itu, tapi kamu bisa membantu mereka untuk belajar mengendalikan kepribadiannya. If you're there for them, your effort will surely be paid off with something way greater in return.

Tak kalah menarik kunjungi juga : Equityworld Futures