Kamis, 23 Maret 2017

Beberapa Fakta Gangguan Tidur dan Cara Menghadapinya

Equity World | Beberapa Fakta Gangguan Tidur dan Cara Menghadapinya




1. RLS (Restless Leg Syndrome)

Gejala yang satu ini paling banyak dialami orang terutama dengan kesibukan dan tingkat stress yang tinggi. Menurut Mayo Clinic lebih dari 3 juta orang Amerika mengalami RLS ini. RLS adalah kondisi yang membuat orang bangun saat tengah malam dan mengalami kram disekitar kaki, kadang juga dikepala dan dada. RLS disebabkan karena gangguan saraf kaki kram dan bergerak tanpa kendali.

Gejalanya dapat muncul sepanjang malam dan belum ada obatnya selain memakai sabun dibawah sprei. Mengapa? Karena Sabun akan melepaskan ion yang diyakini efektif menghilangkan gejala susah tidur seperti RLS ini. Namun periksalah 1 bulan sekali, bila sabun batang telah kering pastikan untuk menggantinya karena ion tersebut akan segera hilang. Jadi jika kamu mengalami RLS, cobalah cara ini selain murah juga tidak memiliki efek samping.

2. Insomnia

Insomnia adalah gejala lanjutan dari susah tidur dan berada ditengah-tengah antara RLS dan susah tidur itu sendiri. Insomnia sejatinya terjadi karena gangguan psikologis atau penyakit yang mengakibatkan gangguan fungsional saat bangun. Insomnia ini sendiri terjadi akibat tekanan batin seperti kelelahan, stress, dan gejala lanjutan bila tidak diobati mengakibatkan halusinasi dan gangguan jiwa akut yang dialami penderita insomnia tidak dapat tidur lebih dari 1 bulan. 

Ada beberapa gangguan yang mungkin timbul saat terkena insomnia selama berbulan-bulan yaitu halusinasi, muntah-muntah, menurunnya proses kerja tubuh dan saraf, sampai sakit jiwa. Salah satu obat insomnia sendiri adalah menaruh sabun batang dibawah sprei, konsultasi kepada psikolog, atau mengurangi kecanduan kopi.

Baca juga : Hal Sepele yang Harus Kamu Hindari Agar Matamu Terhindar dari Minus | Equity World
https://goo.gl/B5kscC
 

3. Susah Tidur

Susah tidur merupakan gejala wajar yang dialami anak kecil hingga orang tua. Gejala ini ditandai dengan mimpi buruk dan terbangun saat tengah malam. Salah satu terapi awal agar tidak mengalami susah tidur adalah dengan membaca buku, menaruh sabun batang dibawah sprei, dan berdoa. Cara ini terbukti ampuh menghilangkan gejala awal RLS yaitu dimulai dari susah tidur tersebut.

Akhir kata, demikianlah ulasan mengenai gejala yang dialami orang saat tidur, karena ketiga hal ini sama-sama merusak fungsi ginjal yang hanya bekerja saat malam kita tidur. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat dishare agar berguna bagi sesama. Ingat, sayangi ginjalmu, sehat itu mahal harganya.

Tak kalah menarik kunjungi juga : Equity World