Jumat, 16 Desember 2016

Keunikan Sungai-sungai Indah di Indonesia

PT Equityworld | Keunikan Sungai-sungai Indah di Indonesia


PT Equityworld | Sungai-sungai indah dapat ditemukan dimana-mana, juga di Indonesia. Namun, beberapa sungai di Indonesia ini selain indah, juga memiliki keunikannya tersendiri, baik itu yang tercipta oleh alam maupun manusia. Apa saja ya nama-nama sungainya?, dikutip dari adventuretravel.co.id

1. Sungai Mahakam, Kalimantan Timur


Siapa tak kenal sungai yang satu ini, sungai dengan panjang lebih dari 900 km ini tidak hanya menjadi salah satu sungai indah di Indonesia, namun juga memiliki keunikannya sendiri yang mungkin tidak ditemukan di sungai mana pun di Indonesia, yaitu Pesut Mahakam.


Pada musim-musim tertentu, daerah aliran sungai Mahakam akan dikunjungi spesies lumba-lumba yang disebut Pesut Mahakam. Lumba-lumba air tawar ini sering dijumpai pada pagi hari serta sore hari.

Namun sayang sekali, hewan yang lucu dan jinak ini terancam punah akibat aktivitas manusia, salah satunya yaitu aktivitas pertambangan.

2. Sungai Ayung, Bali


Kalau berkunjung ke Bali, jangan cuma mentok di pantai-pantainya yang terkenal. Sebab Bali ternyata mempunyai keindahan alam lain yang jarang diekspos. Di Ubud, Gianyar, ada sebuah sungai yang indah bernama Sungai Ayung.

Sungai yang satu ini telah lama memukau wisatawan dengan keindahannya. Bahkan ada sebuah resor di dekat sungai tersebut yang menawarkan spa di pinggir sungai. Uniknya, pengunjung yang ingin menikmati spa akan ditidurkan di atas batu kali yang besar pinggir sungai. Selanjutnya pengunjung akan dipijat diiringi kicauan burung-burung.

Tak kalah menarik kunjungi juga : PT Equityworld

3. Sungai Cijulang


Nama asli tempat ini adalah Cukang Taneuh yang berarti Jembatan Tanah. Namun seorang warga Prancis pernah menyebut tempat ini sebagai Green Canyon. Sejak itu nama tersebut melekat pada sungai yang terletak di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Jawa Barat.


Uniknya, sungai indah ini diapit oleh dua bukit dan rerimbunan pepohonan, sehingga ketika menyusuri sungai, kita bisa menikmati pemandangan dinding yang mengapit sungai ini. Airnya berwarna hijau jernih. Kita bisa berenang untuk menikmati keindahan sungai ini secara langsung. Kita juga bisa naik perahu jika ingin bersantai menikmati pemandangan sungainya.

4. Sungai Cikaso, Sukabumi


Banyak orang telah mengetahui tentang Curug Cikaso yang pemandangan indahnya sudah terkenal. Air terjun ini juga dikenal sebagai Curug Luhur, namun nama Curug Cikaso lebih dikenal masyarakat sekitar disebabkan aliran airnya berasal dari anak Sungai Cikaso.


Nah, Sungai Cikaso inilah yang memiliki keunikan yang jarang diperhatikan banyak orang. Mungkin bagi sebagian orang sudah tahu bahwa di dunia ini terdapat sungai dua warna yang berbeda. Di Indonesia sendiri terdapat juga sungai dengan 2 warna air yang berbeda, dan sungai itu adalah Sungai Cikaso.

5. Sungai Kalibiru, Raja Ampat, Papua


Letak Kalibiru ini ada di pedalaman hutan Raja Ampat. Lokasi tepatnya dekat dengan Kampung Warsandim, Teluk Mayalibit. Bila ditempuh dari Waisai, butuh waktu kurang lebih 1 jam dengan menggunakan speedboat.


Kalibiru diberi nama seperti itu disebabkan oleh warna airnya yang biru jernih. Tentu saja warna biru ini sangat alami, bukan karena disebabkan oleh pencemaran limbah. Saking jernihnya air di sungai indah ini, kita bisa melihat hingga ke dasar sungainya. Bebatuan besar yang ada di bagian dasar pun dapat terlihat dengan jelas menggunakan mata telanjang.

Ayo kunjungi sungai-sungai indah tersebut untuk melihat langsung keunikannya. (PT Equityworld)