Rabu, 10 September 2014

15 Langkah Jitu Menjadi Marketing yang Sukses Part II

9. Pemahaman akan Produk
Dengan mengetahui dan memahami dari segala informasi tentang produk atau jasa yang kita ditawarkan, maka secara tidak langsung dapat membantu kita untuk meyakinkan para calon konsumen. Sampaikan informasi tentang kelebihan produk, kegunaannya, kualitasnya, serta harga produk kepada calon konsumen kita, agar mereka semakin yakin untuk memilih produk atau jasa yang kita tawarkan.
10. Respect Terhadap Pelanggan
Sikap respect kita terhadap pelanggan, dapat mengikat pelanggan yang mungkin sudah terasa dekat dengan kita. Untuk itu mreka akan merasa sangat terbantu dan nyaman untuk bekerjasama dengan perusahaan kita.
11. Berpenampilan Menarik
Kesan pertama tentang diri Anda akan terlihat dari penampilan Anda. Anda tidak pernah tahu kapan dan di mana Anda akan bertemu dengan calon client Anda. Jadi, berikanlah kesan baik dan meyakinkan senantiasa kapan pun calon client melihat Anda, karena dengan penampilan Anda yang nampak rapih dan meyakinkan maka client Anda akan menilai bahwa produk atau jasa yang ditawarkan memiliki kualitas yang baik.
12. Keluar dari Zona Nyaman
Beranikan diri Anda untuk melangkah keluar dari zona nyaman untuk mendapatkan tantangan baru, misalnya mendapatkan client dari kalangan yang belum pernah Anda masuki sebelumnya. Hal ini akan menuntut Anda untuk memiliki kemampuan kecepatan beradaptasi.
13. Catat Testimonial
Jika Client Anda merasa puas dengan produk atau jasa yang Anda jual, catat testimoni dari mereka. Sebuah testimoni sangat berarti sebagai bukti keunggulan produk Anda. Mereka mungkin akan mengatakan hal-hal yang tidak pernah terpikirkan oleh Anda.
14. Perluas Koneksi atau Kenalan
Kembangkan sayap Anda, jangan hanya terbatas lingkup kecil saja. Perluas wawasan Anda untuk memasuki dunia yang belum pernah tahu. Semakin banyak koneksi dan wawasan yang Anda miliki maka semakin besar kesempatan Anda untuk mendapatkan client baru.
15. Tahan Mental
Dunia Marketing adalah dunia yang penuh dengan persaingan dalam hal apa pun, oleh karena itu Anda harus memiliki mental yang sangat kuat. Penawaran yang Anda ajukan tidak selalu dapat diterima oleh client. Penolakan merupakan hal yang sudah wajar dalam dunia Marketing, maka dibutuhkan kesabaran dan ketahanan mental yang ekstra. Tetap konsisten dalam pekerjaan dan pantang menyerah adalah kunci kesuksesan Anda.

Salam Sukses.

Sumber Kaskus.co.id

15 Langkah Jitu Menjadi Marketing yang Sukses Part I

1. Kesabaran
Dalam sebuah proses penjualan, kita harus memberikan keleluasaan bagi pelanggan untuk membuat keputusan dalam waktu yang mereka inginkan. Jangan mendesak mereka untuk mengambil keputusan dalam memilih. Jika kita kurang memiliki kesabaran dalam berbisnis, niscaya akan selalu dipusingkan oleh lamanya waktu yang dibutuhkan antara pelanggan satu dan lainnya dalam mengambil keputusan.
2. Komitmen
Jika kita telah memiliki komitmen bagi kepuasan konsumen dan keberhasilan bisnis, tentunya kita akan mengerahkan segala kemampuan yang dimiliki untuk dapat mencapai kedua hal tersebut. Kita akan selalu fokus dan selalu menghindari keinginan untuk menyerah sebelum tercapai tujuan.
3. Semangat
Dengan memiliki semangat dan antusiasme dalam menjalani kehidupan dan bisnis, pelanggan juga akan merasakan hal yang serupa sehingga membuat mereka percaya akan kemampuan yang dimiliki untuk memberikan perubahan dalam hidup mereka.
4. Keinginan untuk Belajar
Sangatlah penting untuk tetap memiliki keingintahuan dalam menjalankan bisnis ataupun karir yang dimiliki saat ini. Dengan keinginan untuk terus belajar, kita akan terus berkembang dan selalu memiliki ide-ide baru.
5. Keberanian
Jika kita tidak memiliki keberanian, maka apa yang mampu kita jual. kita hanya akan selalu membesarkan setiap kegagalan menjadi sebuah permasalahan besar, daripada menganggapnya sebagai kesempatan pembelajaran yang berharga.
6. Integritas
Jika Anda memiliki integritas, tidak akan ada alasan bagi Anda untuk tidak menyatukan visi yang telah Anda miliki bersama dengan motivasi berbisnis Anda yang sesungguhnya. Para pelanggan akan merasa nyaman untuk bekerja bersama Anda karena mereka mengetahui ketulusan yang Anda lakukan.
7. Flexibilitas
Dunia bisnis selalu berkembang dari waktu ke waktu. Dengan memiliki fleksibilitas, kita dapat mengamati keadaan di sekitar untuk memutuskan strategi penjualan mana yang paling tepat. Kepribadian yang terlalu konservatif akan jadi penghalang dalam mengadopsi pemikiran dan stategi baru.
8. Kenali Konsumen
Sebelum kita melakukan penawaran produk atau jasa ke konsumen, terlebih dahulu tentukan target pasar yang akan kita tuju, lakukan riset sebelum kita terjun. Seperti apa karakter dari konsumen yang akan kita tuju. Pastikan bahwa Anda memasarkan produk atau jasa kepada target pasar yang tepat. Kkenali perilaku konsumen yang untuk mengetahui minat dan kebutuhan mereka.

Lanjut ke Part II

Selasa, 15 Juli 2014

Ini Dia Harga Kebutuhan Pokok yang Naik dan Turun Tipis Jelang Lebaran

Jakarta -Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mencatat penurunan sejumlah harga pangan pada minggu ketiga bulan Ramadhan. Selain itu, ada beberapa kebutuhan pokok yang naik seperti beras, kedelai lokal, dan cabai rawit.

Lutfi menyebutkan, secara nasional rata-rata harga pangan stabil bahkan terpantau turun.

Harga gula rata-rata turun 0,04%, minyak goreng turun 0,07%, terigu turun 0,03%, kedelai impor turun 0,7%, daging sapi turun 0,13%, daging ayam turun 2,5%, telur ayam turun 0,12%, cabai merah turun 2,5%, cabai merah besar turun 0,4%, bawang merah turun 0,85%, dan bawang putih turun 1,32%.

Sementara harga beras terpantau naik 0,09%, kedelai lokal naik 0,86%, dan cabai rawit naik 0,42%.

"Harga beras naik 0,09%, naiknya Rp 10 perak nggak sampai. Saya sama Pak Menko lihat masalah harga-harga, biasanya harga mulai turun (minggu ketiga) dibandingkan sama minggu pertama Juli," ujar Lutfi saat ditemui di Kementerian Perekonomian, Jakarta, Selasa (15/7/2014).

Menurut Lutfi, secara pergerakan harga pangan secara nasional stabil. Kalau pun naik, angkanya tak signifikan.

"Artinya harganya stabil, artinya tidak naik dan tidak turun. Kalau naik kurang dari 1%, cabai sama beras tidak sampai setengah persen, beras naiknya 0,09% tidak ada kenaikan sama sekali, stabil. Dibandingin minggu pertama Juli, Ini rata-rata secara nasional," terangnya.

Lutfi menjelaskan, meskipun ada kenaikan harga pada cabai rawit, namun secara harga tetap stabil masih di kisaran angka Rp 26.575 per kg.

"Cabai rawit merah naik. Harga cabai ini masih jauh dibanding harga referensinya Rp 28.000. Sedangkan harga cabai rawit merah sekarang Rp 26.575 per kg," katanya.

Melesat 49 Poin, IHSG Mendekati 5.100

Jakarta -Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali mendekati level 5.100 setelah melesat 49 poin. Gencarnya aksi beli di penghujung perdagangan membuat Indeks naik tinggi.

Sementara nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) ditutup melemah di posisi Rp 11.725 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan kemarin di Rp 11.653 per dolar AS.

Membuka perdagangan pagi tadi, IHSG menguat 11,896 poin (0,34%) ke level 5.032,959. Indeks mengekor penguatan bursa global dan regional. Investor asing masih berminat beli saham.

Aksi beli selalu ramai di pagi hari, indeks pun melenggang di zona hijau. Saham-saham unggulan kembali jadi incaran dan membawa IHSG bertahan di teritori positif.

Pada penutupan perdagangan Sesi I, IHSG naik 26,901 (0,54%) ke level 5.047,964 berkat ramainya aksi beli sejak pembukaan perdagangan pagi tadi. Saham-saham konstruksi dan konsumer menguat cukup tinggi.

Aksi borong saham jelang penutupan langsung membawa Indeks ke titik tertingginya hari ini. Investor asing yang semangat berburu saham di akhir perdagangan.

Menutup perdagangan, Selasa (15/7/2014), IHSG melaju 49,758 poin (0,99%) ke level 5.070,821. Sementara Indeks LQ45 melonjak 10,258 poin (1,19%) ke level 870,462.

Hanya satu sektor melemah kena aksi ambil untung investor lokal, yaitu sektor perkebunan. Sedangkan saham-saham konstruksi memimpin penguatan, sektornya melonjak hingga lebih dari 2%.

Dana asing belum berhenti masuk lantai bursa. Transaksi investor asing hari ini mencatat pembelian bersih (foreign net buy) senilai Rp 283,2 miliar di seluruh pasar.

Perdagangan hari ini berjalan moderat dengan frekuensi transaksi sebanyak 207.604 kali dengan volume 5,311 miliar lembar saham senilai Rp 5,264 triliun. Sebanyak 186 saham naik, 113 turun, dan 81 saham stagnan.

Bursa-bursa di Asia sore ini bergerak mix cenderung menguat, hanya bursa Singapura yang melemah. Sentimen positif datang dari Wall Street, terutama Dow Jones yang sempat sentuh intraday tertinggi.

Berikut situasi dan kondisi bursa-bursa regional sore ini:

  • Indeks Nikkei 225 menguat 98,34 poin (0,64%) ke level 15.395,16.
  • Indeks Hang Seng naik 113,29 poin (0,49%) ke level 23.459,96.
  • Indeks Komposit Shanghai bertambah 3,71 poin (0,18%) ke level 2.070,36.
  • Indeks Straits Times naik tipis 2,38 poin (0,07%) ke level 3.288,60.

Saham-saham yang naik signifikan dan masuk dalam jajaran top gainers di antaranya adalah Multi Bintang (MLBI) naik Rp 30.000 ke Rp 1,07 juta, Goodyear (GDYR) naik Rp 1.000 ke Rp 18.000, Unilever (UNVR) naik Rp 975 ke Rp 31.375, dan Lippo Cikarang (LPCK) naik Rp 475 ke Rp 8.075.

Sementara saham-saham yang turun cukup dalam dan masuk dalam kategori top losers antara lain HM Astra Agro (AALI) turun Rp 525ke Rp 25.950, Indo Tambangraya (ITMG) turun Rp 200 ke Rp 25.050, Renuka (SQMI) turun Rp 200 ke Rp 1.050, dan Asahimas (AMFG) turun Rp 175 ke Rp 7.125.