1. Kesabaran
Dalam
sebuah proses penjualan, kita harus memberikan keleluasaan bagi
pelanggan untuk membuat keputusan dalam waktu yang mereka inginkan.
Jangan mendesak mereka untuk mengambil keputusan dalam memilih. Jika
kita kurang memiliki kesabaran dalam berbisnis, niscaya akan selalu
dipusingkan oleh lamanya waktu yang dibutuhkan antara pelanggan satu dan
lainnya dalam mengambil keputusan.
2. Komitmen
Jika
kita telah memiliki komitmen bagi kepuasan konsumen dan keberhasilan
bisnis, tentunya kita akan mengerahkan segala kemampuan yang dimiliki
untuk dapat mencapai kedua hal tersebut. Kita akan selalu fokus dan
selalu menghindari keinginan untuk menyerah sebelum tercapai tujuan.
3. Semangat
Dengan
memiliki semangat dan antusiasme dalam menjalani kehidupan dan bisnis,
pelanggan juga akan merasakan hal yang serupa sehingga membuat mereka
percaya akan kemampuan yang dimiliki untuk memberikan perubahan dalam
hidup mereka.
4. Keinginan untuk Belajar
Sangatlah
penting untuk tetap memiliki keingintahuan dalam menjalankan bisnis
ataupun karir yang dimiliki saat ini. Dengan keinginan untuk terus
belajar, kita akan terus berkembang dan selalu memiliki ide-ide baru.
5. Keberanian
Jika
kita tidak memiliki keberanian, maka apa yang mampu kita jual. kita
hanya akan selalu membesarkan setiap kegagalan menjadi sebuah
permasalahan besar, daripada menganggapnya sebagai kesempatan
pembelajaran yang berharga.
6. Integritas
Jika
Anda memiliki integritas, tidak akan ada alasan bagi Anda untuk tidak
menyatukan visi yang telah Anda miliki bersama dengan motivasi berbisnis
Anda yang sesungguhnya. Para pelanggan akan merasa nyaman untuk bekerja
bersama Anda karena mereka mengetahui ketulusan yang Anda lakukan.
7. Flexibilitas
Dunia
bisnis selalu berkembang dari waktu ke waktu. Dengan memiliki
fleksibilitas, kita dapat mengamati keadaan di sekitar untuk memutuskan
strategi penjualan mana yang paling tepat. Kepribadian yang terlalu
konservatif akan jadi penghalang dalam mengadopsi pemikiran dan stategi
baru.
8. Kenali Konsumen
Sebelum
kita melakukan penawaran produk atau jasa ke konsumen, terlebih dahulu
tentukan target pasar yang akan kita tuju, lakukan riset sebelum kita
terjun. Seperti apa karakter dari konsumen yang akan kita tuju. Pastikan
bahwa Anda memasarkan produk atau jasa kepada target pasar yang tepat.
Kkenali perilaku konsumen yang untuk mengetahui minat dan kebutuhan
mereka.
Lanjut ke Part II