Rabu, 07 Maret 2018

Equityworld Futures | Ini Posisi Pegawai Bank yang Paling Terancam Musnah

Equityworld Futures | Ini Posisi Pegawai Bank yang Paling Terancam Musnah
Hasil gambar untuk bank

Equityworld Futures | Jumlah pegawai bank terus mengalami penurunan. Dari laporan keuangan tahunan 2017, sejumlah bank besar mencatatkan penurunan jumlah pegawai sejak 2015.

Menanggapi hal tersebut, Ekonom INDEF Bhima Yudhistira mengatakan tren efisiensi pegawai akan terus berlanjut ke depannya. Hal ini karena persaingan dengan financial technology (fintech) semakin ketat, otomatis bank harus mulai melakukan efisiensi.

Menurut dia, faktor lain efisiensi adalah bank sedang mempersiapkan perjanjian kerja sama jasa keuangan di ASEAN.

"Setelah melakukan ratifikasi perjanjian ini, bank lokal akan bersaing bebas dengan bank asing. Kuncinya adalah efisiensi dan investasi teknologi, ini yang harus dilakukan bank," kata Bhima dikutip dati detik.com

Bhima menjelaskan, untuk mengantisipasi hal ini regulator terutama otoritas jasa keuangan (OJK) perlu mendorong bank agar memiliki rencana jangka panjang terkait program sumber daya manusia (SDM).

"Misalnya mendorong bank untuk merencanakan lebih matang untuk sumber daya manusianya, seperti peningkatan kapasitas pegawai, alih profesi dan pensiun dini," ujar dia.

Menurut Bhima posisi pegawai bank yang terancam digantikan oleh mesin adalah front office dan customer service. Namun bank masih membutuhkan pegawai untuk pos strategic management, IT Developer, dan fraud detector.

Baca juga : 5 Bahaya tersembunyi jika keseringan pakai tusuk gigi sehabis makan | Equityworld Futures

Pengamat Ekonomi, Aviliani menjelaskan saat ini bank juga sudah mulai menggalakan branchless banking atau layanan perbankan tanpa kantor.

Aviliani juga menjelaskan memasuki era digital, bank juga sudah dan harus bekerja sama dengan financial technology. Menurut dia dengan kerja sama ini maka pekerja level front office bisa berkurang.

Equityworld Futures