Rabu, 08 Juni 2016

Australia Tahan Suku Bunga Acuan Terkait Membaiknya Perekonomian

PT. Equityworld Futures - Bank sentral Australia menahan tingkat suku bunga seiring pertumbuhan ekonomi yang lebih kuat dan kredit korporasi menempatkan perekonomian pada membaiknya ekonomi dari sebulan yang lalu ketika kebijakan mereda untuk melawan disinflasi.

Reserve Bank of Australia (RBA) meninggalkan suku bunga acuan pada rekor rendah sebesar 1,75 % pada Selasa ini, sesuai dengan yang diperkirakan oleh semua ekonom kecuali 1 dari 26 ekonom yang disurvei oleh Bloomberg. Data pekan lalu menunjukkan produk domestik bruto (PDB) tumbuh 3,1 % pada kuartal pertama dari tahun sebelumnya, laju tercepat dalam tiga dan setengah tahun terakhir, dan mayoritas pinjaman kepada perusahaan-perusahaan di bulan April melonjak sejak tahun 2009, menunjukkan kemungkinan dalam investasi.

Australia telah menjauhkan tanpa resesi - hasil hampir disebutkan dalam kampanye saat ini untuk pemilu 2 Juli mendatang tetapi dapat menjelaskan resistensi publik untuk pemotongan anggaran dan layanan untuk mengatasi defisit anggaran yang terus-menerus. Namun setiap kali ekonomi telah mencatat pertumbuhan yang kuat dalam kuartal ini, sebagian besar berasal dari ekspor komoditas sebagai negara memasuki tahap akhir dari lonjakan sumber dayanya: peningkatan kapasitas tambang. (knc)

Sumber : Bloomberg