Rabu, 01 Juni 2016

Indeks Manufaktur China Sinyalir Stabilisasi Ekonomi Lebih Lanjut

PT. Equityworld Futures - Indeks pabrik resmi China tetap berada di atas garis pemisah yang mensinyalir peningkatan kondisi untuk bulan ketiga, menambah bukti terbaru dari stabilisas negara dengan ekonomi kedua terbesar di dunia tersebut.

Indeks manajer pembelian manufaktur berada di 50,1 pada bulan Mei, statistik lembaga negara mengatakan Rabu ini, menyamai level April dan mengalahkan estimasi median dari 50 dalam survei Bloomberg News terhadap para ekonom. The non-manufaktur PMI berada di 53,1 dibandingkan dengan 53,5 pada bulan April. Angka di atas 50 menunjukkan kondisi yang membaik.

Tanda-tanda segar ketahanan akan diterima bagi para pembuat kebijakan, setelah pembacaan April yang lemah mengangkat kekhawatiran bahwa stabilisas kuartal pertama telah goyah. pembuat kebijakan berusaha untuk menjaga pertumbuhan ekonomi di atas 6,5 persen tahun ini sambil menjaga penutupan utang dan memangkas kelebihan kapasitas dalam industri seperti batu bara dan baja.

"Ekonomi China terlihat stabil pada bulan Mei," Larry Hu, China economics at Macquarie Securities Ltd. yang berbasis di Hong Kong mengatakan dalam sebuah catatan sebelum rilis data. "Data ekonomi yang sebagian besar sejalan dengan target pertumbuhan pemerintah untuk tahun ini. Karena itu, sikap kebijakan kemungkinan akan tetap tinggal dan kesempatan dari penurunan suku bunga jangka pendek sangat terbatas."(mrv)

Sumber: Bloomberg