Senin, 13 Juni 2016

Saham Hong Kong Ditutup Turun Terkait Laporan Soros (review)

PT. Equityworld Futures - Saham-saham Hong Kong mengalami penurunan satu hari terbesarnya dalam lebih dari tiga pekan terakhir pada hari Jumat ini karena para pedagang yang masih bingung dengan laporan bahwa investor miliarder George Soros, mencatatkan skeptic di China, yang membuat sepkulasi penurunan semakin besar.
Indeks Hang Seng kehilangan 1,2 persen dan ditutup hari ini di 21,042.64 poin, persentase penurunan terbesar harian sejak 18 Mei. Namun, indeks acuan mengakhiri minggu dengan kenaikan setengah persen, kenaikan untuk minggu keempat berturut-turut.
Soros diyakini berada di balik pendekatan yang gagal pada saham Hong Kong dan mata uang kota tersebut terhadap dolar AS selama krisis keuangan Asia pada tahun 1997/98. Januari ini, ia kembali menakuti pasar dengan mengatakan bahwa gejolak bagi perekonomian China praktis tidak dapat dihindari.
Indeks Hong Kong China Enterprises turun 2,2 persen ke 8,831.97, penurunan harian terbesar sejak 25 Februari. Indeks China naik 0,3 persen untuk minggu keempat berturut-turut.
China Resources Power turun 4,6 persen, Kunlun Energy kehilangan 4,1 persen dan China Resources Land melemah 3,3 persen.(mrv)
Sumber: Reuters