Kamis, 02 Juni 2016

Yen Pertahankan Gain Terbesarnya Dalam Sebulan Terkait Penundaan Pajak

PT. Equityworld Futures - Yen pertahankan kenaikan terbesar dalam lebih dari sebulan, dipicu oleh Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe yang mengatakan bahwa dia akan menunda kenaikan pajak penjualan negara, menimbulkan spekulasi bahwa bank sentral akan menunda penambahan stimulus moneter.
Mata uang Jepang menguat terhadap 16 mata uang utama hari Rabu kemarin setelah Abe mengatakan kepada anggota parlemen kenaikan pajak penjualan Jepang akan ditunda sampai 2019 dan berjanji untuk mereformasi struktural dan stimulus fiskal. Dia menambahkan dalam sebuah briefing bahwa Jepang akan semakin kuat, langkah-langkah penguatan ekonomi di musim gugur, tanpa menjelaskan lebih lanjut. Yen juga menguat karena data manufaktur yang lesu dari China ke Eropa mendorong investor untuk beralih ke aset haven.
Yen menguat 0,1 persen menjadi 109,45 per dolar pada 08:30 pagi di Tokyo, setelah melonjak sebesar 1,1 persen untuk kenaikan terbesarnya sejak 29 April di sesi sebelumnya. Mata uang Jepang naik 0,1 persen menjadi 122,45 per euro, setelah naik 0,6 persen pada hari Rabu. Euro sedikit berubah pada $ 1,1186.(mrv)
Sumber: Bloomberg