Senin, 01 April 2024

Equityworld Futures | Emas Dunia Tembus USD2.236/Ons

Equityworld Futures | Harga emas dunia kembali bangkit merespon data dari ekonomi Amerika Serikat (AS) terkini. Emas dunia menembus level USD2.237 per ons dan berada dalam jalur rebound yang kuat.

Equityworld Futures | Nggak Bosan Buat Rekor! Harga Emas Pagi Ini Tertinggi dalam Sejarah

Dikutip dari Investing.com, harga emas dunia acuan XAU/USD naik 0,19 persen dengan berada pada level USD2.237 per ons pada pembukaan perdagangan Senin, 1 April 2024. Emas dunia sudah naik sebesar 13,48 persen dalam setahun.

Emas dunia naik setelah menurut data pemerintah Amerika Serikat (AS) ukuran inflasi yang disukai bank sentral AS naik tipis pada bulan lalu karena kenaikan harga bahan bakar. Namun ukuran yang tidak memperhitungkan harga makanan dan energi terus melemah.

Departemen Perdagangan AS mengatakan dalam sebuah pernyataan, indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi (PCE) naik pada tingkat tahunan sebesar 2,5 persen di Februari, naik 0,1 poin persentase dari bulan sebelumnya. Angka tersebut sejalan dengan perkiraan median dalam survei ekonom yang dilakukan oleh Dow Jones Newswires dan The Wall Street Journal.

Harga barang naik 0,5 persen bulan lalu, sementara biaya jasa naik 0,3 persen. Sebagian besar kenaikan harga barang di Februari berasal dari harga energi, yang naik 2,3 persen dari Januari. Secara bulanan, inflasi PCE sedikit berkurang dari Januari yang naik sebesar 0,3 persen.

tren inflasi melemah

Ekonom Oxford Economics Michael Pearce menjelaskan melonggarnya kondisi pasar tenaga kerja, ekspektasi inflasi yang stabil, dan kemungkinan disinflasi harga sewa di masa depan membuat tren inflasi masih akan sedikit lebih rendah sepanjang tahun ini.

Data terbaru telah menyebabkan beberapa pejabat Fed mempertanyakan prediksi para pengambil kebijakan mengenai penurunan suku bunga sebanyak tiga kali pada tahun ini karena terbuka peluang The Fed memangkas suku bunga lebih jauh lagi.

 "Dalam pandangan saya, adalah tepat untuk mengurangi jumlah penurunan suku bunga secara keseluruhan atau mendorongnya lebih jauh di masa depan sebagai respons terhadap data terbaru," kata Gubernur Fed Christopher Waller pada konferensi di New York pada hari Rabu.