Senin, 25 Maret 2024

Equityworld Futures | Wall Street Ditutup Melemah Usai The Fed Tahan Suku Bunga

Equityworld Futures | Wall Street Ditutup Melemah Usai The Fed Tahan Suku Bunga

Equityworld Futures | Dua emiten andalan dalam indeks saham utama Amerika Serikat atau Wall street berakhir melemah pada perdagangan saham Jumat (22/3). Meskipun untuk S&P, indeks mencatat persentase kenaikan mingguan terbesar pada 2024 setelah Federal Reserve minggu ini terjebak dengan proyeksi penurunan suku bunga tiga kali pada akhir tahun.

Equityworld Futures | Harga Emas Berpotensi Koreksi Pekan Ini di Tengah Sentimen The Fed Bakal Pangkas Suku Bunga

Mengutip Reuters, rata-rata Industri Dow Jones (.DJI), turun 305,47 poin, atau 0,77 persen, menjadi 39.475,90, S&P 500 (.SPX), kehilangan 7.35 poin, atau 0,14 persen, menjadi 5,234.18 dan Nasdaq Composite (.IXIC), naik 26,98 poin, atau 0,16 persen, menjadi 16.428,82.

Nasdaq berakhir sedikit lebih tinggi bersama dengan indeks semikonduktor (.SOX). Indeks semikonduktor juga naik tajam selama seminggu di tengah berlanjutnya optimisme terhadap kecerdasan buatan. Dow berakhir lebih rendah pada hari itu.

Pada hari Jumat, saham-saham diskresi konsumen melemah. Saham Nike (NKE.N), turun 6,9 persen, sehari setelah pembuat pakaian olahraga terbesar di dunia itu memperingatkan bahwa pendapatan pada paruh pertama tahun fiskal 2025 akan menyusut dengan persentase satu digit yang rendah.
Lululemon Athletica (LULU.O), saham turun 15,8 persen setelah perusahaan memperkirakan pendapatan dan laba tahunan di bawah ekspektasi.

Awal pekan ini, The Fed mempertahankan suku bunganya, namun mengisyaratkan masih ada kemungkinan penurunan suku bunga sebanyak tiga kali pada tahun ini.

“Pasar menganggap The Fed bukan musuh Anda lagi, dan pada akhirnya akan menjadi teman Anda,” kata kepala manajer portofolio ekuitas di Northwestern Mutual Wealth Management Company, Matt Stucky dikutip dari Reuters pada Senin (25/3).

Para pedagang sekarang melihat peluang sebesar 71 persen penurunan suku bunga pertama terjadi pada bulan Juni dibandingkan 56 persen pada awal minggu ini, menurut FedWatch Tool CME.

Untuk minggu ini, S&P 500 naik 2,3 persen, persentase kenaikan mingguan terbesar sejak pertengahan Desember. Dow naik 2 persen, juga merupakan kenaikan mingguan terbesar sejak pertengahan Desember, sementara Nasdaq naik 2,9 persen, persentase kenaikan mingguan terbesar sejak pertengahan Januari.

“Pada titik tertentu, tidak mengherankan jika melihat kemunduran atau koreksi, atau bahkan periode perdagangan sideways, setelah kenaikan yang kita peroleh sejak posisi terendah Oktober,” kata direktur RDM Financial Group di Menara Tinggi di Westport, Connecticut, Michael Sheldon.

Di antara yang memperoleh keuntungan hari ini, FedEx (FDX.N), melonjak 7,4 persen sehari setelah perusahaan mengalahkan ekspektasi Wall Street untuk laba kuartalan.

Di sisi lain, Akuisisi Dunia Digital (DWAC.O), turun 13,7 persen setelah pemegang saham perusahaan cek kosong tersebut memilih untuk menyetujui mergernya dengan perusahaan media dan teknologi mantan Presiden AS Donald Trump.

Volume di bursa AS adalah 9,45 miliar lembar saham, dibandingkan dengan rata-rata 12,34 miliar saham untuk sesi penuh selama 20 hari perdagangan terakhir.