Kamis, 07 Maret 2024

Equityworld Futures | The Fed Beri Sinyal Turunkan Suku Bunga, Wall Street Berakhir Hijau

Equityworld Futures | The Fed Beri Sinyal Turunkan Suku Bunga, Wall Street Berakhir Hijau

Equityworld Futures | Bursa saham atau Wall Street berakhir di zona hijau pada penutupan Rabu (6/3/2024) waktu setempat. Saham-saham menguat pada hari Rabu, dan pasar berbalik arah menyusul sesi penurunan berturut-turut di Wall Street.

Equityworld Futures | Harga Emas Catatkan Rekor Tertinggi, Ternyata Ini Penyebabnya

S&P 500 bertambah 0,51 persen menjadi 5.104,76, sedangkan Nasdaq Komposit naik 0,58 persen menjadi 16.031,54. Sementara itu, Dow Jones Industrial Average (DJIA) diperdagangkan lebih tinggi sebesar 75,86 poin, atau bertambah 0,2 persen, dan ditutup pada level 38,661.05. Rata-rata saham blue-chip terbebani oleh penurunan saham Disney lebih dari 2 persen.

Kenaikan pada hari Rabu menandai penangguhan hukuman setelah tiga rata-rata indeks utama Wall Street mencatat penurunan selama dua hari berturut-turut, dan menarik pasar dari rekor tertinggi. Namun kenaikan harga saham tetap terjadi meskipum saham Apple kembali terkoreksi.

Beberapa nama di Nasdaq mengalami kenaikan pada terutama perusahaan teknologi besar. Perusahaan chip Nvidia naik lebih dari 3 persen. Namun Alphabet dan Tesla mengalami penurunan masing - masing 1,2 persen dan 4,2 persen. Meskipun ada aksi pada hari Rabu, tiga indeks utama masih turun pada minggu ini.

Saham bank regional tertekan setelah New York Community Bancorp mengumumkan peningkatan modal sebesar 1 miliar dollar AS. ETF Perbankan Regional SPDR S&P (KRE) mengakhiri sesi sedikit lebih rendah setelah diperdagangkan turun lebih dari 2 persen pada siang hari.

Saham NYCB naik sekitar 7,5 persen setelah jatuh lebih dari 40 persen di awal sesi. Perdagangan saham dihentikan beberapa kali sepanjang hari.

Para pelaku pasar menantikan pidato pertama dari dua penampilan di Capitol Hill minggu ini dari Ketua Federal Reserve Jerome Powell, yang mengatakan pada hari Rabu dalam sambutannya bahwa bank sentral dapat menurunkan suku bunga tahun ini. Namun, Ketua Fed mengatakan bank tersebut tidak segera siap untuk memotong biaya pinjaman uang.

“Kami yakin bahwa suku bunga kebijakan kami kemungkinan akan mencapai puncaknya dalam siklus pengetatan ini,” kata Powell dikutip dari CNBC.
“Jika perekonomian berkembang secara luas seperti yang diharapkan, mungkin akan tepat untuk mulai mengurangi pembatasan kebijakan pada tahun ini,” lanjutnya.

Ketika ditanyai oleh Komite Jasa Keuangan DPR pada hari Rabu, Powell mencatat bahwa bank sentral ingin melihat lebih banyak data sebelum menurunkan suku bunga. Dia juga dijadwalkan hadir di hadapan Komite Perbankan Senat pada hari Kamis.

“Investor masih dalam mode wait and see menyusul pernyataan Powell,” kata kepala strategi pasar global di platform investasi online TradeStation David Russell

“Tidak ada kabar baik dari Powell. Bias dari sini kemungkinan besar mengarah pada suku bunga yang lebih rendah dan menekankan potensi risiko jika tidak dilakukan pemotongan,” tambahnya.