Kamis, 21 Maret 2024

Equityworld Futures | Harga Emas Makin Berkilau, Didukung Prospek Penurunan Suku Bunga The Fed

Equityworld Futures | Harga Emas Makin Berkilau, Didukung Prospek Penurunan Suku Bunga The Fed

Equityworld Futures | Harga emas kembali melonjak pada perdagangan Kamis (21/3) pagi. Pukul 07.26 WIB, harga emas untuk pengiriman Juni 2024 di Commodity Exchange ada di US$ 2.225,60 per ons troi, naik 1,97% dari sehari sebelumnya yang ada di US$ 2.182,40 per ons troi.

Equityworld Futures | Harga Komoditas Hari Ini (21/3): Emas Tembus US$2.200, CPO Menguat

Harga emas melonjak di atas level US$ 2.200 per ons troi setelah pejabat Federal Reserve mengungkapkan prospek penurunan suku bunga sebesar tiga perempat poin pada tahun ini.  

Mengutip Bloomberg, Gubernur The Fed Jerome Powell mengatakan bahwa sudah sepantasnya untuk mulai melakukan pelonggaran pada suatu saat di tahun ini.

Para pengambil kebijakan memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan federal pada kisaran 5,25%-5,5% pada pertemuan kebijakan Rabu (20/3).

The Fed mengisyaratkan bahwa mereka masih berada pada jalur penurunan suku bunga tahun ini.

"Kami percaya bahwa suku bunga kebijakan kami kemungkinan akan mencapai puncaknya dalam siklus pengetatan ini, dan jika perekonomian berkembang sesuai perkiraan, maka akan tepat untuk mulai mengurangi pembatasan kebijakan pada tahun ini," kata Powel dalam konferensi persnya.

"Keputusan suku bunga tersebut menjadi bullish bagi emas, karena pasar khawatir terhadap dot plot yang hanya menunjukkan dua kali pemangkasan," kata Ole Hansen, kepala strategi komoditas Saxo Bank A/S.