Jumat, 02 Oktober 2020

Equity World | Kekuatan Nasdaq di Wall Street Disupport Lonjakan Saham Netflix dan Tesla

 Equity World | Kekuatan Nasdaq di Wall Street Disupport Lonjakan Saham Netflix dan Tesla

Equity World | Perdagangan saham Wall Street kembali memberikan keuntungan bagi ketiga indeks utamanya, dengan Nasdaq alami lonjakan pada akhir sesi Jumat dini hari WIB (2/10/2020). Indeks Nasdaq yang sarat dengan saham teknologi menguat tajam dan mencetak penguatan terbaik dalam hampir sebulan.

Indeks Nasdaq melonjak 159,00 poin atau 1,4 persen menjadi 11.326,51, indeks Dow Jones  naik tipis 35,20 poin atau 0,1 persen menjadi 27.816,90, sedangkan indeks S&P 500 naik 17,80 poin atau 0,5 persen pada 3.380,80. Nasdaq ditopang oleh lonjakan saham Netflix hingga naik 5,61% dan Tesla naik 4,83%.

Kekuatan perdagangan di Wall Street  dari optimisme investor terhadap anggota parlemen AS yang pada akhirnya akan mencapai kesepakatan tentang undang-undang bantuan virus corona yang baru. Aksi beli saham awal sesi sebagai reaksi terhadap berita bahwa Demokrat DPR menunda pemungutan suara pada paket bantuan virus korona mereka untuk memberikan lebih banyak waktu bagi kesepakatan yang akan dicapai.

Di sisi ekonomi AS, Departemen Tenaga Kerja merilis laporan yang menunjukkan penurunan yang lebih besar dari yang diharapkan dalam klaim pertama kali untuk tunjangan pengangguran AS di pekan yang berakhir 26 September. Klaim  awal turun menjadi 837.000, turun 36.000 dari posisi minggu sebelumnya di 873.000.

Sementara itu, Departemen Perdagangan merilis laporan terpisah yang menunjukkan penurunan tajam dalam pendapatan pribadi AS di bulan Agustus, dengan penurunan tajam yang mencerminkan penurunan tunjangan asuransi pengangguran. Pendapatan pribadi turun 2,7 persen pada Agustus setelah naik 0,5 persen pada Juli.


Harga Emas Hari Ini, 2 Oktober 2020 | Equity World

Di saat yang sama, laporan itu mengatakan pengeluaran pribadi naik 1,0 persen pada Agustus setelah melonjak 1,5 persen direvisi turun pada Juli. Pengeluaran pribadi diharapkan meningkat 0,8 persen dibandingkan dengan lonjakan 1,9 persen yang semula dilaporkan untuk bulan sebelumnya.

Institute for Supply Management juga merilis laporan yang secara tak terduga menunjukkan perlambatan moderat dalam laju pertumbuhan aktivitas manufaktur di bulan September. Indeks PMI turun tipis menjadi 55,4 pada September setelah naik menjadi 56,0 pada Agustus.

Mleihat kondisi sektoral Wall Street, saham semikonduktor bergerak menguat tajam  mendorong Indeks Semikonduktor Philadelphia naik 2,1 persen,  penutupan terbaiknya dalam hampir sebulan. Penguatan signifikan juga terlihat di antara saham ritel dengan  kenaikan 2 persen oleh Dow Jones U.S. Retail Index, yang juga mencapai penutupan tertinggi hampir satu bulan.

Saham maskapai penerbangan juga mengalami kinerja yang kuat pada hari itu, sehingga terjadi  kenaikan 1,8 persen oleh NYSE Arca Airline Index. Saham real estat komersial, perumahan dan perangkat lunak juga bergerak lebih tinggi.

Sementara itu terjadi pergerakan sebaliknya pada saham energi yang turun tajam seiring dengan harga minyak mentah, mendorong NYSE Arca Oil Index anjlok 3,2 persen, sedangkan Philadelphia Oil Service Index dan NYSE Arca Natural Gas Index masing-masing turun 2,7 persen dan 2,5 persen.