Kamis, 07 September 2017

Equityworld Futures | Sir John Cornforth Muncul di Google Doodle Hari Ini

Equityworld Futures | Sir John Cornforth Muncul di Google Doodle Hari Ini
 

Equityworld Futures | Sir John Cornforth lahir di Sidney pada 7 September 1917. Sejak remaja, Cornforth telah kehilangan pendengarannya. Ia mengalami tuli total pada usia 20 tahun. Meski tidak bisa mendengarkan sang dosen yang mengajarnya dalam kelas di University of Sydney, dia mampu melahap dan memahami buku teks kimia secara autodidak.

Google Doodle hari ini menayangkan karikatur Sir John Cornforth. Dia muncul dengan ciri khas kacamata yang dikenakannya disertai karikatur alat-alat laboratorium kimia dasar mulai dari gelas ukur hingga cawan penguap.

Peringatan kelahiran Sir John Cornforth menjadi sangat penting karena jasanya yang sangat berarti untuk dunia ilmu pengetahuan. Sir John Cornforth memenangi Nobel Kimia pada tahun 1975 atas karyanya pada stereokimia reaksi yang dikatalisis enzim.

Bahkan dalam perjalanan kehidupan pribadinya, Cornforth juga memiliki kisah cinta yang sangat "chemistry". Di kampus, Cornforth bertemu dengan ahli kimia lainnya, Rita Harradence. Suatu hari, Rita memecahkan labu laboratorium dan meminta Cornforth untuk memperbaikinya. Saat itu adalah awal kisah romantis antara keduanya. Pada 1939, keduanya mendapatkan beasiswa untuk kuliah di Oxford sebelum dua tahun kemudian mereka pun menikah. Sepanjang hidupnya, mereka menulis lebih dari 40 jurnal ilmiah.
Sir John Cornforth dan penisilin

Di Oxford, Cornforth bergabung dengan tim yang membuat sebuah langkah besar dalam studi penisilin. Setelah itu, ia kembali melanjutkan penelitian awal yang dilakukannya mengenai struktur tiga dimensi stereokimia dari berbagai reaksi kimia. Untuk penelitiannya tersebut, ia kemudian dianugerahi hadiah Nobel pada 1975.

Baca juga : 5 Jenis kanker ini ternyata intai pekerja kantoran | Equityworld Futures

Dalam penelitian tersebut, Cornforth yang dibantu Vladimir Prelog mempelajari enzim yang mengaktifkan perubahan senyawa organik. Penemuan mereka dari penelitian tersebut membuka pintu bagi banyak penemuan. Termasuk penemuan pengembangan obat penurun kolesterol.

Ketika hadiah Nobel diumumkan, siaran pers mengakui bahwa penelitian yang dilakukan Cornforth memang sulit untuk dijelaskan pada orang awam. Namun sudah sangat jelas diketahui bahwa jutaan orang mendapatkan keuntungan dari rasa keingintahuan Cornfort tentang cara kerja dan keajaiban di ranah natural.
Equityworld Futures

TAG :
Equity World Jakarta, Equityworld Futures Jakarta, PT Equityworld Jakarta, PT Equityworld, Equityworld Futures, PT Equity World , Equity World, PT Equityworld Futures, PT Equityworld Futures Jakarta SSC, EWF, PT EWF