Rabu, 11 Oktober 2023

Equityworld Futures | Wall Street Lanjut Menguat, Didorong Penurunan Imbal Hasil Treasury AS

Equityworld Futures | Wall Street Lanjut Menguat, Didorong Penurunan Imbal Hasil Treasury AS

Equityworld Futures | Indeks-indeks Wall Street menguat pada Selasa (10/10/2023). Didorong oleh penurunan imbal hasil Treasury Amerika Serikat (AS) ketika Wall Street menilai risiko geopolitik dari perang Israel-Hamas.

Equityworld Futures | Harga Emas Turun, Pasar Soroti Nada Dovish The Fed

Dikutip dari CNBC internasional, Dow Jones Industrial Average naik 134,65 poin (0,40%) menjadi ditutup pada 33.739,30. Sedangkan S&P 500 naik 0,52% menjadi 4.358,24. Sementara itu, Nasdaq Composite yang padat teknologi bertambah 0,58% mendarat di 13.562,84.

Patokan imbal hasil Treasury AS 10 tahun turun hampir 13 basis poin menjadi sekitar 4,65%, karena investor mencari aset yang aman di tengah konflik. Hasil panen dan harga bergerak berlawanan arah. Langkah ini mencerminkan reaksi pertama terhadap konflik Israel-Hamas di pasar obligasi AS, yang ditutup pada Senin (9/10/2023) untuk Hari Columbus.

Harga minyak juga melemah setelah reli di sesi sebelumnya, memberikan kelegaan bagi investor.

Jatuhnya imbal hasil obligasi mengangkat saham, karena Wall Street masih khawatir atas kenaikan suku bunga yang cepat baru-baru ini. Investor juga mulai mengabaikan risiko geopolitik yang disebabkan oleh perang Israel-Hamas, dibantu oleh laporan gaji bulan September yang lebih kuat dari perkiraan pada hari Jumat dan optimisme menjelang laporan pendapatan kuartal ketiga minggu ini.

Hamas melancarkan serangan mendadak terhadap Israel pada hari Sabtu, mendorong Israel untuk menyatakan perang terhadap Hamas. Serangan ini menandai serangan paling mematikan dalam 50 tahun terakhir. Pasar pada awalnya bereaksi secara spontan dan suram terhadap konflik tersebut pada Senin (9/10/2023), namun saham-saham menguat pada Selasa (10/10/2023).

Mona Mahajan, ahli strategi investasi senior Edward Jones, menilai penurunan imbal hasil telah mendukung pasar ekuitas secara luas. Hal ini mungkin juga memberikan kelegaan bagi pasar karena mungkin ada semacam puncak dalam imbal hasil yang bergerak naik dengan cepat dalam beberapa minggu terakhir.

“Ada semacam harapan yang mungkin muncul bahwa kita mungkin berada di akhir siklus pengetatan The Fed, serta kenaikan suku bunga,” kata Jones.