Kamis, 12 Oktober 2023

Equityworld Futures | Harga Minyak & Batu Bara Hancur Lebur, Emas Bersinar Sendiri

Equityworld Futures | Harga Minyak & Batu Bara Hancur Lebur, Emas Bersinar Sendiri

Equityworld Futures | Harga mayoritas komoditas ambruk setelah terbang. Namun, emas tetap berkilau. Pada perdagangan kemarin, Rabu (11/10/2023), minyak brent ambruk 2,09% ke posisi US$85,82 per barel, begitu juga dengan harga minyak WTI ditutup ambles 2,88% ke posisi US$83,49 per barel.

Equityworld Futures | Harga Emas Terbang Tinggi ke Level Termahal, Sekarang Dibanderol Segini

Harga minyak masih melandai pada hari ini, Kamis (12/10/2023). Harga minyak brent melandai 0,58% sementara WTI menyusut 0,69%.

Harga minyak sempat terbang pada Senin dan Selasa menyusul meningkatnya ketidakpastian global setelah perang Israel vs Hamas meletus.
Posisi Isreal dan Hamas di Palestina yang berada di Timur Tengah menjadi kekhawatiran sendiri. Pasalnya, kawasan tersebut adalah pusat dari pasokan minyak bumi.
Jika perang terus berlanjut maka ada kekhawatiran produksi dan distribusi bakal terganggu.

Hasil yang paling serius bagi minyak mentah adalah konflik ini akan meningkat menjadi perang proksi yang lebih dahsyat dan dapat mempengaruhi pasokan minyak mentah.
Namun, sejalan dengan meredanya kekhawatiran pasar maka harga minyak kembali melandai. Padahal, sejumlah sentimen positif mendukung penguatan harga minyak, termasuk pasokan.

Persediaan minyak global diperkirakan turun 200.000 barel per hari pada semester kedua tahun 2023 karena pengurangan produksi sukarela dari Arab Saudi dan pengurangan produksi di antara negara-negara OPEC+.

Harga minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) juga menyusut 0,29% kemarin tetapi sudah menguat 0,84% pada hari ini.
Kenaikan disebabkan oleh data ekspor. Angka ekspor cukup baik pada 10 hari pertama bulan Oktober, mengindikasikan permintaan telah membaik pada tingkat harga yang lebih rendah.
Selain itu, dari sisi ekspor produk minyak sawit Malaysia pada 1-10 Oktober naik 12,5% menjadi 29,6% dari bulan sebelumnya, menurut data surveyor kargo.

Harga batu bara juga tumbang setelah menguat tiga hari beruntun.
Merujuk pada Refinitiv, harga batu bara ICE Newcastle kontrak November ditutup di posisi US$ 145 per ton atau terkoreksi 2,26% pada perdagangan Kamis (11/10/2023). Pembalikan arah ini menjadikan si pasir hitam di zona merah pasca menguat tiga hari sebelumnya sepanjang Oktober.

Koreksi disinyalir akibat transisi energi yang mengancam industri batu bara, penurunan impor batu bara kokas India, serta membaiknya masalah serikat kerja gas Chevron di Australia.

Sebaliknya, harga emas terus berkilau, Harga emas di pasar spot pada perdagangan Rabu (11/10/2023), ditutup di posisi US$ 1.873,61 per troy ons. Harganya terbang 0,72%. Harga tersebut juga menjadi tertinggi sejak 27 September 2023 atau 10 hari perdagangan terakhir.

Pada hari ini, emas juga masih menguat 0,2%. Harga emas menguat tajam setelah keluarnya risalah Federal Open Market Committee (FOMC). Risalah tersebut mencerminkan sikap bank sentral Amerika Serikat (AS) The Federal Resreve (The Fed) yang akan hati-hati dalam menentukan kebijakan ke depan.