Jumat, 10 Maret 2023

Equity World | Saham Asia-Pasifik Anjlok pada Awal Perdagangan Pagi Ini, Jumat (10/03)

Equity World | Saham Asia-Pasifik Anjlok pada Awal Perdagangan Pagi Ini, Jumat (10/03)

Equity World
| Saham-saham di Asia-Pasifik jatuh pada hari Jumat (10/03), karena investor menunggu laporan non-farm payrolls Februari yang diawasi ketat dari AS yang selanjutnya dapat menentukan arah kenaikan suku bunga Federal Reserve ke depan.

Di Australia, S&P/ASX 200 anjlok 1,61% — melanjutkan aksi jual yang terlihat di sesi AS. Di Korea Selatan, Kospi turun 1,04% dan Kosdaq turun 1,6% karena neraca transaksi berjalan ekonomi pada Januari mengalami defisit untuk pertama kalinya sejak Agustus 2022.

Nikkei 225 di Jepang turun 1,22% dan Topix turun 1,2% karena Bank of Japan secara luas diperkirakan tidak akan membuat perubahan pada kebijakan moneter ultra-dovish dan mempertahankan suku bunga di -0,1%, menurut jajak pendapat Reuters.

Gubernur bank sentral Haruhiko Kuroda memimpin rapat kebijakan terakhirnya sebelum masa jabatannya berakhir pada 8 April.

Yen Jepang sedikit melemah menjadi 136,16 terhadap dolar AS sementara imbal hasil obligasi pemerintah Jepang 10 tahun berada di 0,505%, diperdagangkan di atas kisaran toleransi bank sentral.

Di Hong Kong, Hang Seng berjangka juga menunjuk ke pembukaan yang lebih rendah, di 19.672 dibandingkan penutupan terakhir indeks di 19.925,74.

Semalam di Wall Street, saham jatuh Kamis, dengan S&P 500 ditutup 1,8% lebih rendah karena saham bank menyerah pada tekanan. Dow Jones Industrial Average turun lebih dari 500 poin karena investor bersiap untuk laporan penggajian utama Jumat yang dapat membentuk arah suku bunga.

Bank of Japan diperkirakan tidak akan membuat perubahan dalam pertemuan terakhir Kuroda

Pusat diperkirakan akan mempertahankan sikap ultra-dovish dan mempertahankan suku bunga acuan di -0,1% selama pertemuan dua hari yang akan menandai pertemuan terakhir gubernur Haruhiko Kuroda sebelum masa jabatannya berakhir pada bulan April.

Goldman Sachs mengutip tiga pendorong utama Kuroda yang tidak membuat perubahan: kedekatan pertemuan dengan akhir tahun fiskal, negosiasi upah sedang berlangsung, dan “pandangan lama Kuroda bahwa kenaikan suku bunga prematur telah menunda keluarnya Jepang dari deflasi.”

Kazuo Ueda dinominasikan untuk menjadi gubernur BOJ berikutnya.

Neraca transaksi berjalan Korea Selatan kembali ke defisit $4,52 miliar pada bulan Januari, menurut data Bank of Korea, setelah mencetak surplus $2,68 miliar pada bulan Desember dan untuk pertama kalinya neraca berjalan Korea Selatan jatuh ke wilayah defisit sejak Agustus 2022.

Bank-bank besar kehilangan kapitalisasi pasar puluhan miliar pada hari Kamis
Empat bank AS terbesar — JPMorgan, Bank Amerika, Wells Fargo dan Citigroup
– semuanya berkinerja buruk di pasar yang lebih luas. Saham Wells Fargo dan Bank of America telah turun lebih dari 6%.