Selasa, 28 Maret 2023

Equity World | Kabar Baik Bagi IHSG, Wall Street Meroket!

Equity World | Kabar Baik Bagi IHSG, Wall Street Meroket!

Equity World | Bursa saham Amerika Serikat (AS) atau Wall Street menguat tajam pada pembukaan perdagangan Senin (27/3/2023). Sektor perbankan yang mengalami tekanan belakangan ini berbalik menguat tajam.

Indeks Dow Jones memimpin penguatan sebesar 0,9%, disusul S&P 500 0,7% dan Nasdaq 0,3%.

Saham bank First Republic melesat hingga 27%, kemudian PacWest naik 6%.

"Otoritas sekali lagi bekerja keras guna menyelesaikan masalah yang terjadi dalam beberapa pekan terakhir. Hal yang terpenting adalah otoritas di AS dan Eropa menunjukkan kemampuan yang cepat dan tegas dalam menangani dampak dari turbulensi baru-baru ini serta membendungnya sebelum memburuk. Kepercayaan pelaku pasar juga perlahan-lahan mulai pulih," kata Craig Erlam, analis pasar senior di Oanda, sebagaimana dikutip CNBC International.

Tekanan terhadap perbankan kecil sudah mulai mereda. Berdasarkan catatan CNBC International, penurunan deposit di bank kecil yang beralih ke bank besar sudah mulai menurun.

Selain itu, Lembaga simpan pinjam AS Federal Deposit Insurance Corporation (FDIC) mengumumkan First Citizens BancShare Inc akan membeli simpanan dan pinjaman Silicon Valley Bank (SVB). Pengumuman ini dua minggu setelah kejatuhan SVB yang mengawali krisis perbankan AS.

Kesepakatan itu mencakup pembelian sekitar $72 miliar atau sekitar Rp 1.019 triliun aset SVB dengan diskon $16,5 miliar, tetapi sekitar $90 miliar dalam bentuk sekuritas dan aset lainnya akan tetap dalam kurator untuk disposisi oleh FDIC.

Saham First Citizen langsung meroket lebih dari 40% pada perdagangan hari ini.

Penguatan Wall Street jika mampu dipertahankan hingga penutupan perdagangan nanti tentunya bisa memberikan sentimen positif bagi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Selasa besok.