Jumat, 03 April 2020

Equityworld Futures | Data Klaim Pengangguran Topang Kenaikan Harga Emas

Equityworld Futures | Data Klaim Pengangguran Topang Kenaikan Harga Emas

Equityworld Futures | Harga emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange naik US$ 46,3 atau 2,91% menjadi US$ 1637,7 per ounce.
Tingginya data klaim pengangguran di AS membuat permintaan safe haven kembali naik. Pada perdagangan Kamis (Jumat pagi WIB), kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Juni melonjak US$ 46,3 dan ditutup pada level US$ 1637,7 per ounce. Menurut sejumlah analis, meskipun data ketenagakerjaan tambahan diharapkan akan dirilis pada Jumat waktu setempat, laporan klaim pengangguran lebih penting karena data ketenagakerjaan terutama berasal dari paruh awal bulan sebelum berita utama virus corona menyebabkan kuncian.
Laporan mingguan Departemen Tenaga Kerja AS yang dirilis Kamis (2/4/2020) menyebutkan klaim pengangguran mingguan naik menjadi 6,65 juta pada minggu terakhir Maret dari 3,3 juta pada minggu sebelumnya.


Klaim Pengangguran AS Tembus 10 Juta Jiwa, Emas Kian Kinclong | Equityworld Futures



“Kami berpikir bahwa emas kemungkinan akan terus memainkan peran penting dalam alokasi investor selama beberapa bulan ke depan seiring turbulensi ekonomi akibat pendemi virus corona. Namun, volatilitasnya akan tetap cukup tinggi," kata Edward Meir, analis di ED&F Man Capital Markets dalam sebuah catatan seperti dikutip oleh Reuters.

"Tanda-tanda kelemahan ekonomi yang berkepanjangan dan langkah-langkah stimulus yang semakin agresif yang dilakukan oleh pemerintah-pemerintah dan bank-bank sentral akan memberi emas sesuatu yang mendasar," tambahnya. Logam mulia lainnya, perak untuk pengiriman Mei naik US$ 67 sen atau 4,79%, menjadi US$14,654 per ounce. Platinum untuk pengiriman Juli naik US$ 12,2 atau 1,7% menjadi US$ 730 per ounce.