Senin, 09 Desember 2019

PT Equity World | Saham Asia: Data China dan Pesimisme Perdagangan Hentikan Pembeli Mengikuti Wall Street

PT Equity World | Saham Asia: Data China dan Pesimisme Perdagangan Hentikan Pembeli Mengikuti Wall Street

PT Equity World  | Pedagang saham Asia harus menanggung beban data akhir pekan dan kisah-kisah yang meredupkan prospek kesepakatan fase-pertama antara Amerika Serikat (AS) dan China. Akibatnya, indeks MSCI untuk saham Asia-Pasifik di luar Jepang naik 0,18% saat menjelang pembukaan Eropa pada hari Senin. Di sisi lain, NIKKEI Jepang mencatat kenaikan hampir 0,30% setelah Produk Domestik Bruto (PDB) kuartal ketiga (Q3) melonjak melewati perkiraan awal dan konsensus pasar.

Di antara data, angka perdagangan bulan November China memainkan peran mereka. Selanjutnya, pembatasan Beijing untuk menggunakan komputer dan perangkat lunak asing ke kantor-kantor pemerintah, ditambah dengan protes terbaru Hong Kong, membuat ketakutan perang perdagangan pada kartu menjelang batas waktu pada barang-barang China dari AS. Hal ini terutama mendorong ekuitas China dan Hong Kong selatan sementara pasar di Australia dan Selandia Baru menyambut peluang peningkatan stimulus kebijakan moneter lebih lanjut dari China.

Selanjutnya, BSE SENSEX India mencatat kenaikan 0,25% menjadi 40.545 sedangkan PSEi Composite Filipina turun tiga poin menjadi 7.798 pada saat penulisan. Selanjutnya, IDX Composite Indonesia naik 0,10% sementara KOSPI Korea berhasil naik +0,34%.


PT Equity World
Pergerakan Harga Emas Comex Hari Ini, 9 Desember 2019 | PT Equity World



Nada risiko pasar sebagian besar tetap lamban dengan imbal hasil treasury AS 10-tahun turun menjadi 1,84% sementara S&P 500 Futures kehilangan 0,16% menjadi 3,141.

Pada hari Jumat, ketenagakerjaan yang optimis dan angka sentimen konsumen mendorong tolok ukur Wall Street ke rekor tertinggi.

Pertemuan kebijakan moneter oleh bank sentral AS, Eropa dan Filipina akan bergabung dengan pemilu di Inggris Raya dan perang dagang AS-China, mempertimbangkan tenggat waktu tarif AS 15 Desember, untuk menghibur para pelaku pasar global pekan ini. Sementara sebagian besar bank sentral secara luas diharapkan tidak mengubah kebijakan moneter mereka saat ini, peristiwa di sekitar Inggris, AS dan China adalah sesuatu yang mempertanyakan sentimen perdagangan tantangan.