Selasa, 10 Desember 2019

Equityworld Futures | Saham Asia Lesu Jelang Tenggat Waktu Tarif Baru

Equityworld Futures | Saham Asia Lesu Jelang Tenggat Waktu Tarif Baru

Equityworld Futures | Saham Asia terpantau mengalami penurunan perdagangan pada Selasa (10/12/2019), ketika para investor kembali mewaspadai katalis potensial pekan ini dari pertemuan bank sentral hingga tenggat waktu tarif impor baru.

Pada saat yang sama, tresuri dan dolar AS sedikit berubah.

Ekuitas di Tokyo dan Hong Kong mencatatkan sedikit perubahan, Seoul terlihat bergerak sedikit lebih tinggi, sedangkan Shanghai dan Sydney menjadi lebih rendah karena investor menunggu kabar apakah Washington akan melanjutkan rencana kenaikan tarif impor pada 15 Desember.

Indeks Topix mengalami perubahan tipis, indeks S&P/ASX 200 turun 0,2%, KOSPI menguat 0,2%, dan indeks Hang Seng terpantau flat.

Dengan investor yang enggan melakukan taruhan besar, indeks MSCI untuk saham Asia Pasifik, di luar Jepang, menjadi 0,05% lebih rendah, dan indeks Shanghai Composite benchmark China turun 0,3%.

Di sisi lain, volume perdagangan berada di bawah rata-rata.

Dilansir melalui Bloomberg, S&P 500 berjangka bergerak datar setelah benchmark ditutup pada posisi sesi perdagangan terendah.

Minyak ikut mengalami penurunan tipis. Adapun, imbal hasil obligasi 10 tahun Jepang naik ke tingkat nol untuk pertama kalinya sejak Maret.

“Gagasan bahwa kita memiliki periode yang relatif lebih tenang dalam ketegangan perdagangan AS-China jelas sangat penting. Namun, sifatnya sementara. Ketegangan antara keduanya bersifat struktural dan persisten,” kata Ben Powell, kepala ahli strategi BlackRock Investment Institute Asia-Pasifik, dikutip melalui Bloomberg, Selasa (10/12/2019).

Dengan waktu yang hampir habis bagi Amerika Serikat dan China untuk mencapai kesepakatan yang akan menangkal kenaikan tarif, pasar mencari tanda-tanda kemajuan pada masa depan.

Pertemuan para pembuat kebijakan di The Fed dan Bank Sentral Eropa juga diharapkan dapat menawarkan petunjuk apakah pelonggaran moneter lebih lanjut akan dilakukan pada 2020.


Equityworld Futures


Harga Emas LLG dan Batangan Menyusut Meski Dolar AS Miring | Equityworld Futures


Di kawasan lain, peso Meksiko menyerap keuntungan atas meningkatnya optimisme bahwa mereka semakin dekat dengan persetujuan USMCA, perjanjian perdagangan trilateral untuk menggantikan Nafta.

The Fed akan memutuskan kebijakan suku bunga pada Rabu (11/12/2019), waktu Washington, yang diikuti oleh pidato Gubernur Jerome Powell. ECB akan menyampaikan kebijakannya pada Kamis (12/12/2019), bersamaan dengan agenda pemilu di Inggris.

Pada agenda lain, China akan melaporkan inflasinya pada hari ini, sedangkan data pertumbuhan kredit akan dirilis beberapa pekan mendatang.