Jumat, 01 November 2019

Equityworld Futures | Gilak! Harga Emas Antam Meroket Rp 9.000/gram

Equityworld Futures | Gilak! Harga Emas Antam Meroket Rp 9.000/gram

Equityworld Futures | Harga emas acuan yang diproduksi PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) meroket Rp 10.000 (1,27%) menjadi Rp 715.000 per gram, padahal kemarin harganya masih Rp 706.000 per gram kemarin. Penguatan tersebut menjadi kenaikan nilai terbesar sejak 4 September.

Berdasarkan harga Logam Mulia di gerai Butik Emas LM - Pulo Gadung di situs logammulia milik Antam hari ini (1/11/19), harga tiap gram emas Antam ukuran 100 gram menguat menjadi Rp 684.000 juta dari harga kemarin Rp 674.000 juta per batang.

Naiknya harga emas Antam itu mengekor harga emas di pasar spot global yang menguat kemarin ketika aura damai dagang terusir oleh pernyataan pesimistis pejabat China terhadap prospek perdamaian dagang dengan Amerika Serikat (AS).

Emas Antam kepingan 100 gram lumrah dijadikan acuan transaksi emas secara umum, tidak hanya emas Antam. Harga emas Antam di gerai penjualan lain bisa berbeda.

Di sisi lain, harga beli kembali (buyback) emas Antam juga melangit Rp 10.000 per gram hari ini menjadi Rp 684.000/gram dari harga kemarin Rp 674.000/gram kemarin.

Harga itu dapat menunjukkan harga beli yang harus dibayar Antam jika pemilik batang emas bersertifikat ingin menjual kembali investasi tersebut.

Terkait dengan harga emas di pasar spot global, tidak tanggung-tanggung, kemarin harga logam mulia ini kembali ke atas level psikologis US$ 1.500/troy ounce (oz) dengan gaya, tepatnya menjadi US$ 1.513,16/oz, terbang 1,2% dari US$ 1.495/oz pada hari sebelumnya. Hari ini, harga emas di pasar spot masih turun tipis sebesar 0,2% menjadi US$ 1.510/oz.

Selain emas Antam biasa, Antam juga menawarkan emas batik dan emas tematik serta menampilkan harga hariannya di situs yang sama. Di sisi lain, Antam juga menjual emas batangan dengan dasar ukuran mulai 1 gram hingga 500 gram di berbagai gerai yang tersedia di berbagai kota, dari Medan hingga Makassar.

Harga dan ketersediaan emas di tiap gerai bisa berbeda. Harga emas tersebut sudah termasuk PPh 22 0,9%. Masyarakat bisa menyertakan NPWP untuk memperoleh potongan pajak lebih rendah yaitu 0,45%.

Equityworld Futures


Rekomendasi Pergerakan Harga Emas 1 November 2019 | Equityworld Futures


Naik-turunnya harga emas ukuran kecil itu biasanya mengindikasikan risiko pada hari kerja sebelumnya.

Beberapa faktor yang memengaruhi harga emas adalah nilai tukar rupiah, penawaran-permintaan, permintaan industri emas, isu global, tingkat inflasi, dan tingkat suku bunga.

Penguatan harga emas Antam biasanya mencerminkan kecenderungan masyarakat untuk memburu emas ritel ketika kondisi tidak kondusif, sehingga mencerminkan fungsi logam mulia sebagai instrumen yang dinilai lebih aman (safe haven) untuk masyarakat di dalam negeri.