Rabu, 11 Januari 2023

Equity World | Saham Asia-Pasifik Diperdagangkan Lebih Tinggi Pagi Ini, Rabu (11/01)

Equity World | Saham Asia-Pasifik Diperdagangkan Lebih Tinggi Pagi Ini, Rabu (11/01)

Equity World | Saham Asia-Pasifik diperdagangkan lebih tinggi karena investor melihat ke depan pada indeks harga konsumen AS, yang akan menetapkan lintasan Federal Reserve dalam upayanya untuk mengatasi inflasi setelah menaikkan suku bunga tujuh kali pada tahun 2022.

Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan CPI inti naik 0,3% setiap bulan, yang akan menandai pembacaan terendah sejak September 2021, menurut data Refinitiv.

S&P/ASX 200 Australia naik 0,7% menjelang rilis angka inflasi November.

Nikkei 225 diperdagangkan naik 0,84% pada jam pertama perdagangannya, dan Topix naik tipis 0,7 persen.

Kospi menambahkan 0,71% bahkan ketika tingkat pengangguran Korea Selatan untuk bulan Desember naik menjadi 3,3% dibandingkan dengan 2,9% di bulan November, menandai yang tertinggi dalam 11 bulan. Kosdaq naik 1,04 persen.

Indeks MSCI untuk saham Asia-Pasifik di luar Jepang naik 0,35 persen.

Semalam di Wall Street, indeks saham utama ditutup lebih tinggi karena investor terus membangun reli awal tahun baru.

Ketua Fed Jerome Powell dalam pidatonya menekankan pentingnya independensi bank sentral dari pengaruh politik, tanpa memberikan petunjuk langsung ke mana arah kebijakan moneter.

Fed harus tetap independen secara politik sambil mengatasi inflasi, kata Powell

Ketua Fed Jerome Powell pada hari Selasa menekankan perlunya bank sentral untuk bebas dari pengaruh politik sambil menangani inflasi yang terus-menerus tinggi.

Dalam pidato yang disampaikan kepada Riksbank Swedia, Powell mencatat bahwa menstabilkan harga membutuhkan pengambilan keputusan sulit yang mungkin tidak populer secara politik.

Harga tembaga naik sedikit dibawah 1,3% pada $4,0775, tertinggi $4,0835, yang merupakan yang termahal sejak mencapai $4,1160 pada 17 Juni. Dan telah naik sekitar 7% sejak tahun 2023 dimulai.

Saham Coinbase naik 6% setelah operator pertukaran crypto mengumumkan rencana untuk memangkas 20% tenaga kerjanya dalam upaya memangkas biaya.

PHK akan berdampak pada 950 pekerjaan dan menandai pemotongan putaran kedua dari perusahaan dalam beberapa bulan terakhir.

Coinbase memberhentikan 18% tenaga kerjanya pada bulan Juni sebagai persiapan untuk potensi resesi dan musim dingin crypto, dengan mengatakan bahwa itu telah tumbuh “terlalu cepat” selama pasar bullish.

Pasar Crypto berada di bawah tekanan setelah jatuhnya FTX, salah satu operator terbesar di industri ini.

Coinbase mengatakan putaran baru PHK akan menurunkan biaya operasionalnya sebesar 25% untuk kuartal yang berakhir pada Maret, menurut pengajuan peraturan baru.