Kamis, 29 Februari 2024

Equityworld Futures | Harga Emas Naik di Tengah Penantian Petunjuk dari The Fed

Equityworld Futures | Harga Emas Naik di Tengah Penantian Petunjuk dari The Fed

Equityworld Futures
| Harga emas naik pada Rabu (28/2/2024). Di tengah traders bersiap-siap untuk data ekonomi kunci Amerika Serikat (AS) dan komentar dari pejabat The Fed  mengenai petunjuk jadwal pemangkasan suku bunga acuan.

Equityworld Futures | Harga Emas Datar pada Kamis (29/2) Pagi Jelang Rilis Data PCE

Dikutip dari Reuters, harga emas di pasar spot bertambah 0,18% menjadi US$ 2.033,37 per ons. Sementara itu, kontrak berjangka emas AS turun 0,1% menjadi US$ 2.042,7 per ons.

Bob Haberkorn, ahli strategi pasar senior di RJO Futures, mengatakan The Fed memegang kendali pasar emas. Harga emas akan mencapai harga tertinggi sepanjang masa ketika para pembuat kebijakan tersebut mengatakan informasi lebih konkret mengenai jadwal pemangkasan suku bunga akan dilakukan.

"Emas mengalami sesi yang tenang menjelang data besok. Kita perlu melihat data yang jauh lebih baik yang menunjukkan penurunan inflasi agar harga dapat bergerak di atas level US$ 2.050," ungkap Haberkorn.

Data menunjukkan bahwa ekonomi AS tumbuh pada tingkat yang solid di kuartal keempat berkat belanja konsumen yang kuat, tetapi tampaknya melambat di awal tahun ini.

Pernyataan terbaru dari The Fed dan data inflasi yang panas telah mendorong spekulasi pemangkasan suku bunga pertama The Fed bergeser menjadi di bulan Juni, dibandingkan dengan Maret di awal tahun ini. Suku bunga yang lebih tinggi cenderung mengurangi investasi dalam emas yang tidak memberikan imbal hasil.

John Williams dari Fed mengatakan, meskipun ekonomi telah mencapai kemajuan yang baik menuju keseimbangan yang lebih baik dan mencapai tujuan inflasi 2%, dan saat ini belum mencapainya sepenuhnya.

"Tanda-tanda melemahnya perekonomian diperkirakan akan mendukung emas karena hal tersebut memberikan tekanan yang lebih besar pada bank sentral untuk memangkas suku bunga," kata Frank Watson, analis pasar di Kinesis Money, dalam sebuah catatan.

Sedangkan harga logam mulia lainnya, yaitu platinum spot turun 1,1% menjadi US$ 878,47 per ons, sementara palladium turun 1,2% menjadi US$ 924,65. Sementara itu, harga perak turun 0,2% menjadi US$ 22,37.