Selasa, 16 Januari 2024

Equityworld Futures | Harga Emas Spot Sedikit Meredup ke US$2.049,07 pada Selasa (16/1)

Equityworld Futures | Harga Emas Spot Sedikit Meredup ke US$2.049,07 pada Selasa (16/1)

Equityworld Futures | Harga emas melemah pada hari Selasa (16/1) karena dolar dan imbal hasil US Treasury naik. Sementara para pedagang menunggu untuk mendengar dari sejumlah pembicara The Fedpada minggu ini untuk kejelasan lebih lanjut mengenai prospek penurunan suku bunga bank sentral.

Equityworld Futures | Harga Emas Melambung, Makin Banyak Orang Borong Karena Perang

Harga emas di pasar spot turun 0,3% menjadi US$2.049,07 per ons troi, pada 0617 GMT. Sedangkan, harga emas berjangka AS naik 0,1% menjadi US$2.052,70.

“Membebani emas, dolar AS menguat menjelang pidato Christopher Waller, yang bisa dibilang merupakan peristiwa terbesar pekan ini ini,” kata Matt Simpson, analis senior di City Index.

Indeks dolar menyentuh level tertingginya dalam 10 hari, membuat emas batangan kurang menarik bagi pemegang mata uang lainnya. Sedangkan imbal hasil obligasi pemerintah AS bertenor 10 tahun naik di atas 4%.

Setidaknya enam pejabat The Fed akan berbicara minggu ini, dengan Gubernur The Fed Christopher Waller yang dijadwalkan menyampaikan pidato mengenai prospek ekonomi di hadapan Brookings Institution pada pukul 1600 GMT.

“Dengan beberapa kali penurunan suku bunga yang telah diperkirakan oleh pasar, saya tidak akan terkejut jika Waller merasa cenderung untuk mundur… pergerakan kembali ke US$2035 (untuk emas spot) bisa jadi masuk akal,” kata Simpson.

Pada akhir pertemuan 30-31 Januari, The Fed diperkirakan akan mempertahankan suku bunga kebijakannya tetap stabil.

Para pedagang bertaruh pada enam penurunan suku bunga masing-masing sebesar 25 basis poin pada tahun ini. Dengan sekitar tujuh dari sepuluh peluang bahwa penurunan suku bunga pertama akan terjadi pada bulan Maret, menurut aplikasi probabilitas suku bunga LSEG, IRPR.

Suku bunga yang lebih rendah meningkatkan daya tarik emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil.

Di tempat lain, pejabat Bank Sentral Eropa menolak ekspektasi pasar akan penurunan suku bunga yang cepat pada tahun ini.

Menurut analis teknis Reuters Wang Tao, emas spot mungkin akan menelusuri kembali ke US$2.042 per ons troi, setelah kegagalan berulang kali untuk menembus resistensi di US$2.060.

Harga perak di pasar spot turun 0,4% menjadi US$23,10 per ons troi, platinum turun 0,8% menjadi US$907,66, dan paladium turun 0,2% menjadi US$969,14.