Jumat, 14 Juli 2023

Equity World | Wall Street Menguat, Tekanan Inflasi di AS Mulai Mereda

Equity World | Wall Street Menguat, Tekanan Inflasi di AS Mulai Mereda

Equity World | Saham utama Wall Street menguat pada penutupan hari Kamis (14/7), dipengaruhi data tahunan inflasi produsen Amerika Serikat (AS) menunjukkan kenaikan terkecil, selama tiga tahun terakhir.

Data tersebut memberikan lebih banyak bukti bahwa tekanan inflasi mereda. Laporan Consumer Price Index (CPI) hari Rabu menunjukkan harga konsumen AS mencatat kenaikan tahunan terkecil dalam kurun waktu dua tahun terakhir.

Laporan tersebut telah mendukung pandangan bahwa Federal Reserve (The Fed) akan menghentikan kenaikan suku bunga setelah kenaikan suku bunga 25 basis poin yang diharapkan akhir bulan ini.

Dikutip dari Reuters, Jumat (14/7), Dow Jones Industrial Average (.DJI) naik 47,71 poin, atau 0,14 persen, menjadi 34.395,14, S&P 500 (.SPX) naik 37,88 poin, atau 0,85 persen, menjadi 4.510,04 dan Nasdaq Composite (.IXIC) bertambah 219,61 poin, atau 1,58 persen, menjadi 14.138,57. Nasdaq mencatat kenaikan 1 persen untuk dua hari berturut-turut.

Dalam 12 bulan hingga Juni 2023, indeks harga produsen naik 0,1 persen. Kenaikan tersebut merupakan tingkat terkecil tahun-ke-tahun sejak Agustus 2020 dan mengikuti kenaikan 0,9 persen di bulan Mei.

Saham teknologi memberikan dukungan terbesar bagi S&P 500, dan indeks saham yang berfokus pada teknologi termasuk megacaps (.NYFANG) naik 2,7 persen dan mencatat rekor penutupan tertinggi.

Saham chip AS juga menguat, dengan Nvidia (NVDA.O) melonjak ke rekor tertinggi selama sesi dan indeks semikonduktor Philadelphia (.SOX) naik 2 persen.

Di satu sisi, sebuah laporan terpisah menunjukkan klaim pengangguran mingguan secara tak terduga turun minggu lalu, menunjukkan bahwa pasar tenaga kerja tetap ketat.

Data pendapatan AS kuartal kedua juga mulai terlihat minggu ini. Saham JPMorgan Chase (JPM.N) berakhir naik 0,5 persen menjelang hasil kuartalannya sebelum pembukaan pasar di hari Jumat.

"Kami mungkin memiliki satu kuartal lagi di sini di mana sentimen positif akan berlanjut. Selama ekspektasi dan panduan sejalan, itulah yang akan dilihat oleh banyak investor institusional." kata Alan Lancz, presiden Alan B. Lancz & Associates Inc. di Toledo, Ohio.

Saham PepsiCo (PEP.O) melonjak 2,4 persen setelah perusahaan menaikkan perkiraan pendapatan dan laba tahunannya untuk kedua kalinya.

Di antara pemenang lainnya hari ini, saham induk Google Alphabet Inc (GOOGL.O) melonjak 4,7 persen. Dikatakan sedang meluncurkan chatbot kecerdasan buatan Bard di Eropa dan Brasil, meredakan kekhawatiran tentang masalah peraturan di luar negeri.

Volume di bursa AS adalah 10,82 miliar saham, dibandingkan dengan rata-rata 11,11 miliar untuk sesi penuh selama 20 hari perdagangan terakhir.