Selasa, 20 Januari 2015

Emas Catat Gain Mingguan Terbesar Dalam 18 Bulan Terakhir

PT Equityworld Futures - Emas mencatat gain mingguan terbesar dalam 18 bulan terakhir karena gejolak di pasar mata uang Eropa sehingga mendorong permintaan untuk logam sebagai aset safe heaven.
Open interest agregat dalam emas berjangka pada 15 Januari melonjak 5,6%, yang terbesar sejak Oktober 2009, setelah langkah mengejutkan bank sentral Swiss untuk meninggalkan franc terhadap euro. Aset dalam produk yang diperdagangkan di bursa terbesar didukung oleh logam naik tajam sejak Agustus 2011.
Emas naik ke level tertinggi empat bulan pada hari Jumat, sedangkan opsi hak untuk memiliki berjangka Februari berada di level $ 1.300 per ons melonjak tujuh kali lipat dalam dua hari terakhir. Tanda-tanda stagnan ekspansi di Eropa mendorong spekulasi bahwa para otoritas akan menambakan stimulus, meningkatkan permintaan untuk penyimpan nilai. Inflasi meredam dan ekonomi asing stagnan dapat mendorong Federal Reserve untuk menunda kenaikan suku bunga acuan.
Emas berjangka untuk pengiriman Februari naik 1% untuk menetap di level $ 1,276.90 per ons pada pukul 1:38 saiang di Comex New York. Sebelumnya, harga mencapai level $ 1,282.40, yang tertinggi untuk kontrak teraktif sejak 2 September. Minggu ini, emas melonjak 5%, yang terbesar sejak 12 Juli 2013.(yds)
sumber : ewfpro.com