Jumat, 17 November 2023

Equityworld Futures | Bursa Asia Pasifik Dibuka Melemah Menyusul Koreksi Wall Street

Equityworld Futures | Bursa Asia Pasifik Dibuka Melemah Menyusul Koreksi Wall Street

Equityworld Futures | Bursa Asia-Pasifik turun pada Jumat (17/11/2023). Saham Hong Kong terus memimpin penurunan di kawasan Asia-Pasifik, sementara investor mencerna pembicaraan tingkat tinggi antara Amerika Serikat dan Tiongkok.

Equityworld Futures | Harga Emas Dunia Hari Ini Naik Gara-Gara Data Pengangguran Naik

Kekhawatiran investor terhadap kesehatan ekonomi Tiongkok terus berlanjut seiring dengan data terbaru yang menunjukkan penurunan harga rumah selama empat bulan berturut-turut pada bulan Oktober, menandakan kemungkinan penurunan lebih lanjut. Selain itu, ekspor Jepang yang lemah sebagian disebabkan oleh permintaan yang rendah dari Tiongkok.

Menurut survei Reuters, ekonomi Malaysia kemungkinan tumbuh pada tingkat tahunan sebesar 3,0% pada periode Juli-September, sedikit lebih cepat dibandingkan dengan pertumbuhan sebesar 2,9% di kuartal sebelumnya.

Indeks Hang Seng Hong Kong turun 1,26% pada pembukaan, indeks Hang Seng Tech yang berfokus pada teknologi turun 1,01%, tertekan oleh saham berat Alibaba yang turun hampir 8% pada perdagangan awal di Hong Kong. Indeks CSI 300 Tiongkok dibuka datar.

Nikkei 225 Jepang juga berada di sekitar garis datar satu jam setelah perdagangan dimulai, sementara Topix menambahkan 0,2%. Di Korea Selatan, Kospi turun 0,78%, sementara Kosdaq turun 1,44%. S&P/ASX 200 Australia turun 0,19%.

Semalam, Dow Jones Industrial Average ditutup lebih rendah, karena investor beristirahat dari reli awal bulan ini. Indeks Dow Jones yang terdiri dari 30 saham turun 0,13% dan menghentikan empat hari kenaikan. S&P 500 naik 0,12%, sementara Nasdaq Composite naik 0,07%.

Data pada hari Kamis menunjukkan bahwa klaim pengangguran di Amerika Serikat mencapai level tertinggi dalam tiga bulan terakhir, sementara produksi industri mengalami penurunan paling tajam sepanjang tahun ini. Harga minyak global kembali merosot tajam - kontrak berjangka minyak Brent mencapai level terendah dalam empat bulan dan sekarang mengalami penurunan sebesar 16% secara tahunan.