Selasa, 12 Desember 2023

Equityworld Futures | Harga Emas Tergelincir, Fokus Beralih ke Data Inflasi AS

Equityworld Futures | Harga Emas Tergelincir, Fokus Beralih ke Data Inflasi AS

Equityworld Futures | Harga emas tergelincir pada Senin (11/12/2023), karena dolar dan imbal hasil obligasi Amerika Serikat (AS) menguat. Sementara investor menunggu beberapa pertemuan penting bank sentral dan data inflasi AS yang dapat mempengaruhi jalur kebijakan The Fed.

Equityworld Futures | Harga Emas Ambruk 2% Lebih! Selamat Tinggal Level US$ 2.000

Dikutip dari CNBC internasional, emas spot turun 1,1% pada US$ 1.981,29 per ons, setelah mencapai level terendah sejak 21 November. Sedangkan emas berjangka AS turun 0,9% menjadi US$ 1.997,1.

Dolar AS naik 0,2%, membuat emas lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya. Imbal hasil obligasi AS 10-tahun juga sedikit lebih tinggi.

“Pedagang emas dan perak sedang menunggu beberapa informasi fundamental baru yang akan mereka peroleh minggu ini. Postur grafik jangka pendek emas telah memburuk. Jika angka CPI sangat tinggi, hal ini dapat menimbulkan tekanan jual di pasar emas,” kata Jim Wyckoff, analis senior di Kitco Metals.

Fokusnya adalah pada laporan harga konsumen AS November yang akan dirilis pada Selasa (12/12/2023), sebelum pernyataan The Fed dan komentar Ketua Jerome Powell pada Rabu (13/12/2023).

Pedagang memperkirakan peluang penurunan suku bunga sebesar 71% pada Mei, menurut alat CME FedWatch. Suku bunga yang lebih rendah cenderung mendukung emas batangan yang tidak berbunga.

Data pada Jumat (8/12/2023) menunjukkan pertumbuhan lapangan kerja AS meningkat pada November.

Ricardo Evangelista, analis senior di ActivTrades, mengatakan, ketangguhan pasar tenaga kerja AS berarti penurunan suku bunga lebih awal tidak mungkin terjadi. Prospek suku bunga yang lebih tinggi untuk jangka waktu yang lebih lama kembali muncul sehingga mendukung imbal hasil obligasi dan dolar AS. “Hal ini menjadi berita buruk bagi emas yang tidak memberikan imbal hasil,” kata Evangelista.

Bank Sentral Eropa, Bank of England, Norges Bank dan Swiss National Bank juga akan mengadakan pertemuan kebijakan pada Kamis (14/12/2023).