Jumat, 15 Desember 2023

Equityworld Futures | Harga Emas Dunia Naik Lagi, Sentuh Level Tertinggi 10 Hari

Equityworld Futures | Harga Emas Dunia Naik Lagi, Sentuh Level Tertinggi 10 Hari

Equityworld Futures | Harga emas menyentuh level tertinggi 10 hari pada hari Kamis karena dolar AS dan imbal hasil Treasury melemah. Makin mahalnya harga emas dunia ini setelah Federal Reserve mengisyaratkan diakhirinya siklus pengetatan kebijakan moneternya.

Equityworld Futures | Pesta Lanjut! Harga Emas Dekati Level US$ 2.050

“Poros dovish Fed disampaikan pada pertemuan FOMC kemarin dan secara pragmatis memberikan lampu hijau bagi pasar untuk memperhitungkan siklus pemotongan Fed yang lebih agresif, dan kami memperkirakan pasar akan mengikuti hal tersebut,” kata Daniel Ghali, ahli strategi komoditas. di TD Sekuritas.

“Hal ini sangat positif bagi harga emas, mengingat permintaan investor adalah salah satu hal yang hilang agar reli ke level tertinggi baru sepanjang masa dapat dipertahankan,” tambahnya.
Pengaruh Suku Bunga

Suku bunga yang lebih rendah mengurangi opportunity cost dari memegang emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil (non-yielding) dan membebani dolar.

Dolar AS tergelincir ke level terendah dalam empat bulan, sementara imbal hasil obligasi AS bertenor 10 tahun turun ke level terendah sejak akhir Juli.

Tujuh belas dari 19 pejabat Fed memproyeksikan suku bunga yang lebih rendah pada akhir tahun 2024, setelah The Fed mempertahankan suku bunga stabil untuk pertemuan ketiga berturut-turut, seperti yang diperkirakan secara luas.