Rabu, 27 Desember 2023

Equityworld Futures | Harga Emas Dunia Bertahan di Atas Level USD2.060/Ounce

Equityworld Futures | Harga Emas Dunia Bertahan di Atas Level USD2.060/Ounce

Equityworld Futures | Harga emas bertahan di atas USD2.060 per ounce selama awal sesi Asia pada perdagangan Rabu waktu setempat.
 
Equityworld Futures | Harga Emas Semakin Mentereng Tertopang Posisi Dolar AS yang Melemah

Melansir FX Street, Rab, 27 Desember 2023, harga emas diperdagangkan di level USD2.066, turun 0,09 persen pada hari ini.
 
Dolar AS secara luas melemah terhadap mata uang-mata uang lainnya. Sementara itu, Indeks Dolar AS (DXY). Ukuran nilai USD terhadap sebagian besar mata uang dunia turun ke level terendah sejak Juli di dekat 101,45. Imbal hasil Treasury turun tipis, dengan imbal hasil 10 tahun mencapai 3,89 persen.
 
Ekspektasi pelonggaran The Fed telah meningkat. Menurut WIRP, pasar telah memperhitungkan peluang 15 persen untuk pemangkasan pada 31 Januari dan sepenuhnya dihargai pada 20 Maret dengan enam pemangkasan yang sepenuhnya dihargai pada akhir 2024.

Seperti diketahui, suku bunga yang lebih rendah menguntungkan logam mulia karena mengurangi biaya peluang untuk memegang aset non
 
Minggu lalu, Indeks Harga Pengeluaran Konsumsi Pribadi Inti (Core PCE) November berada di 0,1 persen (month on month/MoM), di bawah konsensus pasar sebesar 0,2 persen.
 
Secara tahunan, Core PCE menunjukkan kenaikan terkecil sejak April 2021, mencapai 3,2 persen YoY dari 3,4 persen di Oktober, lebih buruk dari ekspektasi pasar yang sebesar 3,3 persen.
Yaman ancam Laut Merah
Selain itu, Yaman terus mengancam Laut Merah, tetapi ada juga kekhawatiran tentang ancaman yang lebih luas terhadap pengiriman.
 
Iran mengatakan mereka dapat menutup Selat Gibraltar, yang merupakan sesuatu yang diragukan oleh banyak orang. Hal ini, pada gilirannya, dapat mengangkat harga aset safe haven seperti emas.
 
Selanjutnya, para trader emas akan terus mengawasi perkembangan seputar ketegangan geopolitik di Timur Tengah.